Ketua MRP Timothius Murib

Penembakan di Ilaga, MRP Ajak Warga Papua Hentikan Kekerasan

Ada oknum yang menginginkan agar daerah ini tidak damai, kemudian mereka bisa mendapatkan keinginan-keinginan mereka di tengah kerusuhan (masalah) seperti ini. Ini yang diperlihatkan oleh kelompok-kelompok yang sangat tidak bertanggung jawab
Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP), Timotius Murib

JAYAPURA,CAHAYAPAPUA.com– Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) Timotius Murib menyerukan kepada semua pihak di Papua untuk menghentikan berbagai tindak kekerasan dan bersatu mendukung program pembangunan yang digulirkan Gubernur Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Klemen Tinal.

“Tindak kekerasan yang sering terjadi di Papua, lebih khusus di beberapa tempat di pegunungan seperti bentrok antara masyarakat dengan masyarakat, perang suku, maupun antara masyarakat dan aparat TNI-Polri, harus hentikan,” kata Murib di Kota Jayapura, Papua, Minggu (7/12) seperti  dikutip beritasatu.com.

Pekan lalu, dua anggota Brimob Destasmen A Papua yaitu Aipda Thomson dan Bripda Everson dikabarkan disergap, lalu ditembak mati oleh kelompok bersenjata saat  membantu mengatur kursi untuk perayaan Natal di Ilaga, Papua.

“MRP sangat prihatin dengan kejadian kemarin itu,” kata Murib.

Murib menyampaikan masyarakat di Ilaga bersama seluruh elemen pemerintah, termasuk aparat TNI-Polri telah berkomitmen untuk menciptakan kedamaian.

Komitmen itu diwujudkan dengan membuat tugu perdamaian abadi di Ilaga.

“Namun ada oknum yang menginginkan agar daerah ini tidak damai, kemudian mereka bisa mendapatkan keinginan-keinginan mereka di tengah kerusuhan (masalah) seperti ini. Ini yang diperlihatkan oleh kelompok-kelompok yang sangat tidak bertanggung jawab,” katanya.

Atas kekerasan itu, MRP—lembaga representari kultural Papua– menghimbau masyarakat asli Papua khususnya di daerah yang sering terjadi konflik agar bersatu dan tenang menyambut hari Natal.

“Mayoritas kita di Papua adalah Nasrani atau Kristen, kita siapkan diri menyambut hari kebahagiaan yang luar biasa ini, hari Natal ini dengan sukacita,” katanya.

EDITOR: PATRIX BARUMBUN TANDIRERUNG

One comment

  1. SEBENARNYA TNI/POLRI TUJUAN UNTUK MENGAMANKAN MASYARAKATATAU MEMBUNU MASYARAKAT YG LEIH2 KANIBAR MANUSIA

Tinggalkan Balasan