Pimpinan DPRD bersama Sekda menandatangani berita acara pengesahan APBD 2017.

Penempatan Petugas Kesehatan Mulai Merata

KAIMANA, Cahayapapua.com— Sekretaris Daerah Rita Teurupun, S.Sos mewakili Bupati Kaimana pada sidang penetapan APBD 2017 menyampaikan, penempatan petugas pada Puskesmas maupun Pustu (Puskesmas Pembantu) sampai dengan saat ini mulai merata. Namun diakui, disiplin masih menjadi kendala bagi para petugas dalam melaksanakan tugas yang diberikan.

Sekda menyampaikan hal ini menanggapi saran DPRD melalui Gabungan Komisi dan Badan Anggaran agar Pemerintah Kabupaten Kaimana lebih serius melihat pelayanan kesehatan kepada masyarakat, terutama terkait penempatan petugas kesehatan di Puskesmas maupun Puskesmas Pembantu.

Dikatakan, penempatan petugas kesehatan pada setiap pos pelayanan kesehatan akan menjadi perhatian serius Pemerintah Daerah yang disesuaikan dengan ketersediaan sumber daya manusia kesehatan.

“Sampai dengan saat ini penempatan petugas di puskesmas maupun puskesmas pembantu sudah mulai merata, namun masih terdapat kendala disiplin petugas dalam menjalankan tugas yang diberikan,” jelas Sekda.

Ditambahkan, terkait masalah disiplin, Pemerintah Daerah melalui dinas terkait telah memberlakukan sanksi kepada para petugas yang tidak disiplin dengan menunda pemberian gaji dan hak-hak lainnya. Kedepan, dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan terutama di Pustu,  Pemerintah Daerah akan terus berupaya meningkatkan kompetensi tenaga kesehatan.

Untuk diketahui, berdasarkan data jumlah pos pelayanan kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana menyebutkan, saat ini jumlah puskesmas di wilayah Kabupaten Kaimana sebanyak 8 puskesmas terdapat di tujuh ibukota distrik dan satunya berada di Kampung Lobo Distrik Kaimana. Sementara puskesmas pembantu berjumlah 53 dan Polindes/Poskedes sebanyak 32. Sedangkan jumlah tenaga medis sebanyak 461 orang tersebar mulai RSUD hingga Puskesmas, Pustu dan Polindes. (ISA)

Tinggalkan Balasan