Wabup Kaimana mewakili Pemda menandatangani berita acara pengesahan APBD Kaimana tahun 2015. Foto: CAHAYAPAPUA.com | Isabela Wisang

Penetapan APBD Kaimana Tahun 2015 Berlangsung Alot

KAIMANA,CAHAYAPAPUA.com- Setelah melalui pembahasan yang cukup alot pada pra sidang dan mendapatkan kritikan dan saran dari sejumlah fraksi dan komisi pada sidang paripurna, akhirnya Senin (15/12/2014), 5 fraksi di DPRD Kaimana, masing-masing; Fraksi Golkar, Fraksi Demokrat, Fraksi PAN, Fraksi PDIP dan Fraksi Kebangkitan Nudem secara politik menyatakan menerima Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Kabupaten Kaimana Tahun Anggaran 2015 untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah, dengan total dana yang disahkan sebesar Rp.913.324.781.784.

Penetapan Perda APBD Tahun 2015 ini didasarkan pada Surat Keputusaan DPRD Kaimana Nomor:52/KPTS/DPRD-KMN/2014 tentang persetujuan terhadap Ranperda APBD Kabupaten Kaimana Tahun 2015 yang diikuti penandatanganan berita acara pengesahan oleh Ketua DPRD Frans Amerbay, SE, Wakil Ketua I Drs. Adjid Hi. Kadir dan Wakil Ketua III Yance Karafey serta Wakil Bupati Kaimana Burhanudin Ombaer, S.Sos mewakili Pemerintah Daerah.

Adapun total APBD sebesar Rp. 913.324.781.784 ini akan digunakan untuk membiayai sejumlah kegiatan yang dipadukan kedalam pos biaya langsung sebesar Rp.574.536.978.478 atau 63% dari total APBD dan biaya tidak langsung sebesar Rp.338.787.803.306 atau 37% dari total APBD. Struktur RAPBD Kabupaten Kaimana Tahun 2015 secara umum serupa dengan Tahun Anggaran 2014 yang menggunakan pendekatan anggaran berimbang (breakeven) setelah mempedomani Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 37 Tahun 2014 tentang pedoman penyusunan RAPBD Tahun 2015 dan juga peraturan perundang-undangan lainnya terkait penyusunan APBD.

Ketua DPRD Frans Amerbay dalam pidato penutupan sidang mengatakan, setelah melewati proses panjang, akhirnya Ranperda APBD 2015 ini disetujui oleh seluruh fraksi dewan bahwa Ranperda APBD Kabupaten Kaimana tahun 2015. Persetujuan fraksi dewan adalah dalam rangka evaluasi oleh pemerintah provinsi kemudian disahkan menjadi Peraturan Daerah. Dikatakan, APBD Tahun 2015 berjumlah Rp. 913.324.781.784, dimana dari tahun ke tahun terus meningkat dan diharapkan anggaran ini dapat dimaksimalkan penggunaan dan pengelolaannya untuk sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat Kabupaten Kaimana.

Sementara Wakil Bupati Burhanudin Ombaer pada kesempatan yang sama juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada DPRD, yang telah bersama pemerintah daerah, bekerja untuk Kaimana yang lebih baik. Dikatakan, saran, pendapat, pertanyaan maupun kritikan yang disampaikan oleh fraksi, komisi dan badan anggaran pada hakikatnya merupakan masukan yang sangat berharga bagi pemerintah daerah. Kehadiran lembaga legislatif dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintahan lanjut Wabup, selain perwujudan dari demokrasi juga merupakan bagian dari mekanisme check and balances sebagai bentuk keseimbangan kekuasaan (balance of power).

“Harus ada yang saling mengingatkan, masukan yang diberikan oleh dewan menjadi instrument yang memastikan bahwa tata kelola pemerintahan harus dilakukan secara akuntabel dan transparan. Tidak ada gading yang tak retak. Kata orang kesempurnaan itu hanya milik Allah Tuhan semesta alam. Terhadap hal ini kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan permohonan maaf,” tutup Wabup. |ISABELA WISANG

 

EDITOR: IMRAN

Tinggalkan Balasan