pilkada-serentak-2015.

Penetapan DPT Pilkada Sorsel Ditunda

TEMINABUAN, CAHAYAPAPUA.com– Rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) sebelum ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sorong Selatan (Sorsel) 9 Desember 2015 sementara masih diskors.

Komisioner KPU Sorsel Divisi Tekhnis Pemilu dan Hupmas, Luxen Thesia, SE mengatakan DPT belum bisa ditetapkan karena masih ada persoalan data pemilih di Distrik Inanwatan. Data pemilihnya khusus data pemilih tambahan di beberapa kampung di Inanwatan jumlahnya melebihi pendataan pantarli.

“Ada nama yang tidak ada tanggal lahir dan nomor kependudukannya. Bahkan ada orang yang sudah meninggal tetapi masih terdaftar sebagai pemilih,” ujarnya.

Terkait persoalan tersebut, anggota KPU, Panwas, PPD dan saksi dari masing-masing pasangan calon bupati dan wakil bupati masih berada di Inanwatan untuk melakukan pencermatan nama-nama yang masuk.

“Kita perkirakan tim gabungan sudah kembali ke Teminabuan pada hari ini, sehingga DPT bisa segera ditetapkan,” jelasnya.

Sementara DPT di 14 distrik lainnya sudah direkap berjumlah 33.500 pemilih. Namun secara keseluruhan data pemilih di 14 distrik tersebut mengalami penurunan. Hanya Distrik Teminabuan dan Metemani yang mengalami kenaikan pemilih.

Kenaikan jumlah pemilih disebabkan adanya penambahan penduduk baru, seperti Distrik Metemani yang mengalami kenaikan pemilih karena ada penambahan penduduk yang bekerja di Perusahaan Sawit dan Sagu yang beroperasi di wilayah tersebut.

Namun kenaikan jumlah pemilih itu, sambung Luxen, tidak sebanding dengan penurunan pemilih di 14 distrik.

Penurunan jumlah pemilih disebabkan ada pemilih yang pindah domisili tanpa melapor ke RT/RW, orang meninggal tapi masih ada namanya, dan ada pula pemilih yang masih di bawah umur.

Ditambahkannya Daftar Pemilih Sementara (DPS) berdasarkan hasil penetapan KPU beberapa waktu lalu sebanyak 35.309 pemilih. Jumlah ini lebih kecil dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilpres 2014 yang berjumlah sebanyak 35.461 pemilih. |NASIR