Kampung Demaisi, Distrik Minyambouw, Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat. | CAHAYAPAPUA.com | Duma Tato Sanda

Penetapan Kursi DPRD Mansel dan Pegaf Dijadwalkan 2 Desember

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com–Pleno terbuka penetapan nama-nama calon yang lolos untuk menduduki kursi DPRD Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak dan 3 kursi tambahan di DPRD Manokwari akan dilaksanakan antara akhir November atau awal Desember tahun ini.

“Sesuai jadwal, penetapan rencananya akan kami laksanakan tanggal 2 Desember. Tapi saya tidak berani pastikan itu, jangan sampai pelaksanaanya molor di tanggal 3 atau 4, atau bahkan bisa saja di akhir November. Prinsipnya, lebih cepat lebih bagus,” ungkap Komisioner KPU Manokwari Abdul Muin Salewedi ruang kerjanya, Selasa (25/11/2014).

Muin mengatakan KPU sudah menggelar rapat internal membahas persiapan terkait pengisian kursi DPRD di tiga kabupaten ini.

Salah satu hasil rapat itu diantaranya kunjungan kerja KPU ke pemerintah Mansel dan Pegunungan Arfak, untuk memastikan kesiapan kedua kabupaten ini atas kehadiran DPRD. Dalam kunjungan itu, KPU sekaligus akan melakukan sosialisasi tentang Peraturan KPU nomor 33 tahun 2014 tentang tata cara pengisian kursi DPRD bagi DOB baru dan daerah induk. Juga mengenai keputusan KPU tentang jumlah kuota kursi DPRD Mansel dan Pegaf yang mengacu pada UU nomor 8 tahun 2012.

Muin menambahkan, sosialisasi  itu dilakukan sebab PKPU dan keputusan KPU tentang kuota kursi tersebut baru dikeluarkan oleh KPU-RI. Disisi lain KPU baru dapat melaksanakan pengisian ini setelah KPU RI mengeluarkan PKPU dan keputusanya tentang kuota kursi DPRD di dua daerah tersebut.

“Selama ini kan pastinya banyak masyarakat yang bertanya-tanya kenapa pengisian ini baru dilakukan. Kenapa tidak dilakukan segera setelah pengambilan sumpah janji anggota DPRD Manokwari tanggal 27 Agustus lalu,” ungkap Muin. |TOYIBAN

 

EDITOR: DUMA TATO SANDA

Tinggalkan Balasan