Ilustrasi. Foto: Ist

Pengelola Hotel Harus Tegas Tolak Prostitusi

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— Seorang siswi SMA di Manokwari, Papua Barat, melapor kepada menteri Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak, Yohana Susana Yembise, mengenai temannya yang terjerumus dalam praktek prostitusi. Fakta yang disampaikan oleh pelajar tersebut, tak cukup jika hanya dipahami sebagai tamparan.

Anggota DPRD Manokwari, Romer Tapilatu yang juga Ketua Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Manokwari mengatakan, laporan itu hendaknya mendorong pemerintah, pihak sekolah, pengelola hotel dan orang tua murid di Manokwari bersinergi dalam upaya meminimalkan keterlibatan anak usia sekolah dalam aktivitas prostitusi. (Baca: Wow… Didepan Menteri, Siswi Manokwari Ini Laporkan Rekannya Nyambi Jadi Cewek Panggilan)

“Dalam kasus semacam ini, orang tua perlu meningkatkan pengawasan terhadap anak-anaknya, terutama saat berada di luar rumah. Hal yang sama juga perlu dilakukan oleh pihak sekolah,” katanya, Rabu (12/11/2014) di Manokwari.

Sebenarnya, aktivitas prostitusi yang melibatkan para pelajar ini sudah menjadi rahasia umum.

Namun ia menguap ke ranah publik ketika Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Yohana Yembise bertatap muka dengan komponen perempuan dan anak di ball room hotel Valdos Manokwari, Papua Barat, Selasa (11/11/2014).

Dalam pertemuan ini seorang siswi yang diberi kesempatan bicara menyampaikan laporannya. “Ada teman-teman sekolah saya yang jadi gadis panggilan. Biasa mereka kerjasama dengan pihak hotel. Jadi kami mohon Ibu Menteri bisa meminta instansi yang terkait untuk memperketat pengawasan kepada pihak hotel, “ ujarnya.

Menurut Romer, pihak Hotel memang harus ikut berkomitmen misalnya dengan cara mengawasi secara ketat para pegawainya. Jika ada aktivitas staf atau pegawai hotel yang menjurus ke aktivitas prostitusi terlebih yang melibatkan anak usia sekolah, maka pengelola harus berani mengambil tindakan tegas.

Bukan hanya pada aktivitas prostitusi terselubung. Pemerintah, orang tua, pengelola hotel maupun pihak sekolah di Manokwari juga mesti berupaya agar pelajar di Manokwari bebas dari penyalahgunaan narkotika.

Sementara menteri P3A,Yohana Yembise meminta Pemda baik tingkat provinsi maupun kabupaten memberi sokongan terhadap kegiatan-kegiatan kepemudaan sehingga kaum muda memiliki media untuk menyalurkan aktivitasnya secara positif.|PATRIX B TANDIRERUNG

Tinggalkan Balasan