Pengerjaan Jalan dari Pertigaan Haji Bauw menuju Polda Papua Barat.|Foto : Rizaldy|Cahaya Papua

Pengerjaaan Ruas Jalan Alternatif Jangan Ditutup Total

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- Pengerjaan ruas jalan alternatif dari arah pertigaan lampu merah Haji Bauw menuju Polda Papua Barat dinilai sebagai pemicu terjadi kepadatan arus lalu lintas di ruas jalan protokol Trikora Wosi sampai lampu merah Jalan Yos Sudarso Sanggeng.

Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Asli Papua (Aspap), Robby Wanggai mengatakan pengerjaan ruas jalan alternatif itu, mestinya dilakukan sistem buka tutup, agar tidak menimbulkan kepadatan di sepanjang ruas jalan Trikora Wosi sampai jalan Yos Sudarso.

“Itu kan bisa dilakukan sistem buka tutup jalan, misalnya kontraktor kerjanya siang sampai sore, malam bisa di buka untuk memperlancar arus lalu lintas,” tutur Robby Wanggai, Minggu (15/11/2015).

Pengerjaan ruas jalan alternatif, kata Robby Wanggai telah dikerjakan dua kali, sangat menghambat arus lalu lintas, mestinya ada koordinasi antara kontraktor sebagai pelaksana tekhnis pekerjaan dengan aparat kepolisian.

“Sebenarnya bisa diatur, mereka (kontraktor) bekerjasama dengan Lantas atau pihak terkait untuk berlakukan sistem buka tutup jalan,” katanya.

Ia menyarankan agar, pihak Lalulintas (Lantas) maupun pemberi pekerjaan, memberikan penjelasan kepada kontraktor untuk melaksanakan pekerjaan jalan dengan cepat, sehingga tidak membuat arus lalu lintas semakin parah.

“Kalau begini kan kondisi arus lalu lintas semakin parah saja, kita ini sudah seperti di Jakarta saja, macetnya kaya apa saja,” tuturnya.

Ia berharap, pengerjaan ruas jalan alternatif itu dapat dikerjakan secepatnya, agar tidak menimbulkan tumpukan kendaraan saat waktu-waktu sibuk warga kota Manokwari.

Sebab dengan kondisi lebar jalan protokol kota Manokwari ini, dia merasa sudah tidak mampu menampung jumlah kendaraan yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, ditambah dengan beroperasinya kendaraan berbadan besar (truck tronton) sejak pagi hingga malam hari turut mengganggu aktifitas lalu lintas di kota ini. | RIZALDY