Ilustrasi perusahaan gas. | Bisnis

Penghasil Gas, Harga Gas di Sorong Justru Lebih Mahal Dibanding Jakarta

AIMAS, CAHAYAPAPUA.com— Sebagai daerah penghasil gas, ternyata harga gas di Kabupaten Sorong  yang dijual kepada masyarakat terbilang cukup mahal. Bahkan harga gas di daerah ini, lebih mahal jika dibandingkan  dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia, yang notabene bukan merupakan  penghasil gas.

Akibat mahalnya harga gas, banyak masyarakat mengeluh, mereka  mempertanyakan kontribusi banyaknya aktivitas eksplorasi gas di Kabupaten Sorong  dan meminta pemerintah daerah untuk mengevaluasi  kembali aktifitas eksplorasi itu, karena dipandang tidak berefek kepada mereka yang mendiami tanah ini.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sorong  yang dikonfirmasi media ini, Senin (10/2/2015) membenarkan  hal tersebut. Ia mengaku, harga gas di Kabupaten Sorong memang lebih mahal jika dibandingkan dengan harga gas di Jakarta dan beberapa kota lainnya yang notabene bukan daerah penghasil gas.

“Per 12 kilo gram gas di kabupaten Sorong  dijual dengan harga Rp. 150.000, sementara di Jakarta hargannya hanya Rp 120.000” ujarnya sembari menyampaikan ini fenomena yang memang sangat dia sayangkan.

Diungkapkannya, tingginnya harga gas di daerah ini dikarenakan gas yang diambil dari perut bumi Kabupaten Sorong merupakan gas kualitas gas ekspor, bukan lokal. Harga jual gas ekspor tersebut ditentukan oleh Pertamina mengikuti harga ekspor.

“Sudah berapa kali kami mencoba membicarakan hal ini dengan pihak Pertamina, namun itulah kebijakan dari pertamina” beber Ramses. |CR-73

 

Tinggalkan Balasan