Solpap Papua. Jubi -Alex

Pengurus Yasolpap Papua Minta Nama Yasolpap Papua Barat Diganti

SORONG, CAHAYAPAPUA.com— Salah satu pengurus Solidaritas Pedagang Asli Papua (Solpap) Provinsi Papua, Bofit Bofra mengatakan, pihaknya akan menempuh jalur hukum, sebab, dalam melakukan sosialisasi  keberadaan Yayasan Solidaritas Pedagang Asli Papua (Yasolpap) Papua Barat, tanpa adanya koordinasi dengan pengurus Solpap di Provinsi Papua.

Dalam membentuk Solpap, tidak segampang membalikkan telapak tangan, tetapi membutuhkan proses yang begitu panjang, karena masyarakat yang dihadapi mempunyai persoalan yang berbeda-beda.

“Kita bikin organisasi ini (Solpap) itu membutuhkan perjalanan yang panjang, penuh liku-liku, ada kritikan dari sana-sini, karena hadapi orang banyak dengan masalah berbeda, kita tidak bisa samakan, mama-mama Papua yang jual pinang masalahnya sama dengan yang jual sayur-sayuran,” ujar Bofit kepada sejumlah wartawan, Selasa (17/11).

Ironisnya, lanjut Bofti, saat dilakukan sosialisasi Yasolpap Papua Barat di Kota Sorong, pada beberapa hari lalu, tidak ada koordinasi ke Provinsi Papua, “Katanya Yasolpap Papua Barat bilang mereka koordinasi di Papua, padahal tidak ada koordinasi sama sekali,” ujar Bofit.

“Kita minta nama itu harus dirubah, cari nama yang lain, bila perlu kata Solpap harus diganti dengan nama yang lain, karena ini hak cipta kami (Solpap)  di Provinsi Papua. Konsep yang teman-teman (Yasolpap) gagas itu tidak betul-betul mengakar ke masyarakat akar rumput, mungkin hanya satu dua saja kapa,” tambah Bofit.

Sebelumnya, salah satu pedagang mama papua, Selvi Duwit mempertanyakan keberadaan Yasolpap. Sebab menurutnya, saat dilakukannya sosialisasi Yasolpap, para peserta dibatasi.

Sementara itu, ketua Yasolpap Papua Barat, Jhoni Jitmau, saat dikonfirmasi wartawan, dengan singkat mengatakan, pihaknya mendirikan Yasolpap Papua Barat, karena wilayah hukumnya berbeda dengan Papua.

“Kita bikin Yayasan ini, beda dengan di Papua, di Papua itu Koperasi, dan wilayah hukum kita juga berbeda, Kita punya surat semua lengkap,” ujar Jhoni. |NASIR