Pengusaha Asli Papua Diajak Berinvestasi Saham

MANOKWARI, Cahayapapua.com– Bursa Efek Indonesia mengajak para pengusaha asli Papua di wilayah Kabupaten Manokwari, Papua Barat, mulai berinvestasi di pasar saham.

“Kami ingin segera merangkul mereka untuk mencicipi kue investasi di pasar modal. Mungkin kami akan memulainya dengan melakukan sosialisasi khusus bagi para pengusaha asli Papua,” kata Kepala Kantor BEI Perwakilan Manokwari Wira Adi Brata di Manokwari, Kamis.

Dia mengutarakan, BEI telah hadir di Provinsi Papua maupun Papua Barat. Diharapkan, pengusaha asli Papua memanfaatkanya secara baik untuk meningkatkan karir usaha masing-masing.

Menurut Wira, selain berinvestasi melalui pasar saham para pengusaha asli Papua juga dapat meningkatkan usaha dengan cara menggelar saham usahanya.

“Mereka bisa berinvestasi atau meningkatkan modalnya usaha melalui pasar saham. Kalau butuh konsultasi kami siap membantu dan mendampingi sampai mereka bisa bertransaksi sendiri,” ujarnya lagi.

Wira mengungkapkan, keterlibatan pengusaha asli Papua pada pasar modal masih sangat minim baik di Papua maupun Papua Barat.

“Kalau sebagai investor, di Papua Barat ada sekitar 40 persen, 60 persen lainya masih di dominasi pengusaha dari kalangan pendatang. Pengusaha atau perusahaan yang go publik di Papua Barat belum ada,”katanya lagi.

Meskipun demikian, lanjutnya, jumlah investor dari kalangan masyarakat asli Papua terus bertambah. Beberapa waktu lalu, sosialisasi dilakukan di Kota Sorong dan antusiasme masyarakat cukup tinggi.

Rektor Universitas Muhammadiyah Sorong, lanjutnya, pada kegiatan tersebut meminta BEI segera membuka galeri investasi di Kampus tersebut untuk mempermudah mahasiswa, dosen maupun warga menjajaki pasar saham.

“Pak rektor waktu itu minta kita membuka dalam waktu seminggu kedepan. Waktunya terlalu mepet karena banyak yang harus disiapkan, maka kami siapkan untuk sebulan kedepan,” ujarnya lagi. (IBN)

Tinggalkan Balasan