Kepala Bappeda Teluk Bintuni, Alimudin Baedu saat menjadi pemimpin apel gabungan Jumat (17/2).

Penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja, Pemda Bintuni Dapat Nilai C

BINTUNI, Cahayapapua.com— Hasil penilaian sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah atau biasa disebut (Sakit) tahun 2016, yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Pendayaguna Aparatur Sipil Negara (Kemenpan), memberkan nilai C atau (Cukup) kepada Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni.

Dengan masih rendahnya nilai ini, Kepala Bappeda, Alimudin Baedu, pada saat menjadi pemimpin Apel Gabungan, Jumat (17/2), mengingatkan kembali pesan kepala daeah agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) terus bergerak maju meningkatkan kedisiplinan.

“Saya mau mengingatkan kembali apa yang disampaikan oleh bapak bupati, bapak wakil bupati, bapak sekretaris daerah, bahwa disiplin pegawai negeri atau ASN merupakan sebuah keharusan yang harus dimiliki oleh seluruh ASN di Pemda Bintuni. Tanpa disiplin kompetensi dan profesionalisme itu tidak akan kita peroleh,” kata Kepala Bappeda dihadapan ratusan ASN yang hasir.

Dikatakannya, meskipun mendapat nilai C, Kabupaten Teluk Bintuni sudah ada kemajuan dibandingkan tahun sebelumnya. Daritotal nilai, tahun sebelumnya kabupaten yang baru berdiri 13 tahun ini mendapatkan nilai 24,9, sedangkan untuk tahun ini mengalami peningkatan menjadi 34,99.

Dia menambahkan, secara keseluruhan untuk di Papua dan Papua Barat semua mendapat nilai C.  Sementara khusus untuk Kabupaten Teluk Bintuni ini, nilai C bukan berarti nilai yang tidak bagus, karena ada peningkatan di jumlah nilainya.

Untuk itu, Alimudin berharap peningkatakan ini dipertahankan dan perlu didorong oleh dengan sebuah sistem yang ditopang komitmen yang kuat dari semua SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah). Sistem yang diawali dari perencanaan, penganggaran, pengawasan, pelaporan, monitoring dan sebaginya harus dibangun secara terintegrasi. Sehingga semua aspek pemerintahan berjalan dengan sistematis.

“Kita tahu di Kabupaten Teluk Bintuni baru akan membangun sistem-sistem tersebut. Namun meningkatakan kinerja pemerintahan harus ditopang dengan tiga hal yakni ada komitmen yang kuat dari seluruh ASN, kita terus meningkatkan SDM, dan Penguasaan tekhnologi informasi,”katanya. (ART)

Tinggalkan Balasan