Penjabat Bupati Sorsel, Derek Ampnir melantik empat kepala kampung persiapan di Distrik Fkour, Kamis (18/2).

Penjabat Bupati Lantik 4 Kepala Kampung Persiapan di Sorsel

TEMINABUAN, CAHAYAPAPUA.com-— Warga Distrik Fkour, Kamis (18/2), bersukacita dengan hadirnya 4 kampung persiapan secara resmi. Hadirnya empat kampung persiapan tersebut ditandai dengan pelantikan 4 kepala kampung persiapan oleh Penjabat Bupati Sorsel, Derek Ampnir di Aula Kantor Distrik Fkour, Kamis (18/2).

Kegembiraan dan kebahagaiaan masyarakat ini ditunjukan bersama Kepala Distrik Fkour Yunus Kemesfle saat menyambut Derek Ampnir dan rombongan di pintu masuk Distrik Fkour secara meriah.

Setelah disambut dengan pengalungan kain Timor, warga mengarak Derek Ampnir dan rombongan berjalan kaki menuju tempat acara pelantikan di Kantor Distrik Fkour yang berjarak sekitar 1 km.

Bahkan setibanya di kantor Distrik Fkour, warga masih menari-nari sebagai ungkapan kegembiraan atas kehadiran Penjabat Bupati Derek Ampnir pertama kalinya di Distrik Fkour.

Keempat kampung persiapan yang kepala kampungnya dilantik yakni Kampung Persiapan Klawana, Kampung Persiapan Yorbes, Kampung Persiapan Sbegur dan Kampung Persiapan Bemus.

Keempat kepala kampung persiapan memberikan cindera mata kepada Pjt. Bupati Derek Ampnir berupa seekor burung Cenderawasih yang sudah diawetkan. Penyerahan cindera mata oleh Kepala Kampung Persiapan Sbegur Yoram Lokden.

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Bupati Sorsel nomor 140/108/BSS/I/2016 tentang Pengangkatan Kepala Kampung Persiapan di Kabupaten Sorong Selatan. Selanjutnya pengambilan sumpah janji jabatan kepala kampung persiapan oleh penjabat bupati. Setelah itu pembacaan naskah pelantikan dan penyematan tanda jabatan serta penandatanganan berita acara.

Penjabat bupati meminta kepala kampung persiapan melaksanakan tugasnya dengan baik seperti seorang hamba atau pelayan. Memanfaatkan kewenangan yang diberikan pemerintah untuk membantu masyarakat dalam kondisi apapun, termasuk pelayanan pemerintahan seperti administrasi kependudukan.

“Kepala kampung persiapan juga harus berkoordinasi selalu dengan kepala kampung induk dan kepala distrik, sehingga keharmonisan tetap terjaga. Kalau tidak maka akan terjadi keretakan hubungan aparatur pemerintah yakni kepala kampung persiapan dengan kepala kampung induk,” pesan penjabat bupati.

Untuk sementara 4 kepala kampung persiapan tersebut menggunakan salah satu ruangan di kampung induk. |NASIR