Bupati Markus Waran (kiri) menyambut Penjabat Gubernur Papua Barat Eko Subowo saat tiba di Ransiki, Kabupaten Manokwari Selatan, kemarin sore

Penjabat Gubernur Kunjungi Mansel, Bupati Laporkan Mansel Aman

MANSEL, Cahayapapua.com— Kemarin sore, sekitar pukul 16:30 WIT, Penjabat Gubernur Provinsi Papua Barat, Eko Subowo bersama rombongan berkunjung ke ibukota Kabupaten Manokwari Selatan di Ransiki. Setelah sebelumnya, rombongan ini melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pegunungan Arfak siang harinya.

Bupati Manokwari Selatan Markus Waran dihadapan penjabat gubernur melaporkan kondisi terkini yang ada di Manokwari Selatan. Markus menyatakan masyarakat di kabupaten segitiga emas itu mendukung penuh pembangunan pembinaan kemasyarakatan yang sedang berjalan, sehingga kondisi keamanan berjalan kondusif.

Markus menyampaikan terkait Pilgub yang berlangsung 15 Februari lalu, Kabupaten Mansel yang terdiri dari enam distrik, 57 kampung, telah ikut berpartisipasi dalam pemilihan gubernur Papua Barat, yang berjalan lancar, aman dan damai. “Tidak ada persoalan apapun yang terjadi di daerah ini,” akunya.

Lanjut Markus, ini tentunya terlaksana atas dukungan doa dari seluruh masyarakat Manokwari Selatan, yang mendukung pihak pemerintah. “Perlu kami sampaikan, tadi malam (malam Jumat), masyarakat Manokwari Selatan merayakan suksesnya pelaksanaan Pilgub di Mansel. Karena berjalan aman dan lancar, mereka melampiaskan dengan acara pesta kembang api dan yospan. Cuma berjalan dari jam 7 sampai jam 9 malam. Dan semua berjalan tertib dan aman,” jelasnya.

Penjabat Gubernur Papua Barat, Eko Subowo mengatakan, sejak dilantik 31 Januari lalu, bersama Pangdam, Kapolda dan penyelenggara pemilu (KPU, Panwas) telah melakukan kunjungan ke daerah-daerah yang menyelenggarakan Pilkada sebelum Pilkada berlangsung, di antaranya, Kabupaten Maibrat, Kabupaten Sorong, Kota Sorong, Sorong Selatan.

Selanjutnya setelah pilkada berlangsung, kunjungan kembali dilakukan ke Kabupaten Pegunungan Arfak dan Manokwari Selatan.

“Tujuan utama kali adalah masih terkait pelaksanaan pilkada,” ungkap salah satu Deputi di Kementrian Dalam Negeri ini.

Eko yang didampingi mantan penjabat gubernur Papua Barat, Timbul Pudjianto mengatakan, sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan pemerintah daerah, pengelenggara pilkada, aparat keamanan, yang telah bekerja keras untuk mensukseskan jalannya pilkada di Papua Barat.

Ia mengakui, sebelumnya memang pusat menetapkan Papua Barat masuk dalam daerah rawan satu. Namun karena ada upaya bersama semua pihak, sehingga menjadikan pilkada di Papua Barat bisa berjalan aman. Dan bisa menjadi contoh bagi daerah-daerah lain yang ada di Indonesia. Eko berterima kasih kepada masyarakat Mansel yang sudah memberikan sambutan yang luar biasa kepada dirinya bersama rombongan ke kabupaten tersebut.

“Dan saya sangat gembira. Sore hari ini luar biasa. Masyarakatnya juga damai, tentram. Pembangunan juga berjalan baik. Mudah-mudahan ini berjalan baik terus, bisa cepat maju dan sejahtera. Bisa mengejar ketertinggalan dari daerah lain yang lebih lama terbentuk,” ujar Eko disela-sela sambutannya.

Setelah berada di Mansel selama 1,5 jam, rombongan kembali melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Manokwari, ibukota Papua Barat. (BM)

Tinggalkan Balasan