Ilustrasi, kerukunan antar Umat Beragama

Pentingnya Memupuk Toleransi Antar Umat Beragama

BINTUNI, Cahayapapua.com—– Bertujuan untuk menambah wawasan bertoleransi antar umat beragama serta mempererat hubungan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) dengan masyarakat, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Teluk Bintuni menggelar sosialisasi peningkatan toleransi dan kerukunan dalam kehidupan beragama, di Gedung Herlina, Kota Bintuni, Selasa (31/5/2016).

Kegiatan ini mempunyai Visi “Terwujudnya jati diri masyarakat yang mandiri dan bersahaja dalam berkarya, untuk bersatu sebagai beranda terdepan NKRI”. Serta turut hadiri para pengurus FKUB dan Tokoh Masyarakat, setiap perwakilan pengurus persekutuan gerejawai dan pengurus masjid, serta Tamu undangan terdiri dari masyarakat Distrik Manimeri dan Distrik Bintuni.

AKBP T.W.Taborat selaku Kakesbangpol Kabupaten Teluk Bintuni dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kabid Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Muhmmad Taher mengatakan, kegiatan ini terlaksana dengan dasar peraturan Gubernur Nomor 135 Tahun 2007 tentang kerukunan umat Beragama serta DPA-SKPD Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik.

Dikatakannya, dengan pemahaman agama baik, sehingga tidak ada aliran-aliran tertentu dan terlarang yang berkembang di masyarakat sehingga dapat mengganggu kerukunan umat Beragama.

“Kegiatan ini merupakan pencanangan yang sangat di harapkan untuk bagaimana caranya, kerukunan dan keharmonisan kekeluargaan tetap terjaga baik. Ini penting, mengingat di Bintuni landasan pembangunan kita adalah Adat, Agama, dan pemerintahan,” jelasnya.

Sebagaimana sesuai dengan pemerintah Indonesia yang mengakui keberadaan berbagai Agama yang termuat dalam Dasar Negara yaitu Pancasila Sila Pertama serta diatur dalam UUD 1945 khususnya pasal 28E, 28I, 28J dan 29. Kondisi hubungan sesama umat Beragama yang dilandasi toleransi, saling pengertian, saling menghormati, menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran Agama nya dan kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara.

Sementara sambutan Kaban Kesbangpol Provinsi Papua Barat yang dibacakan oleh Kabid Seni Budaya dan Agama Yusup Homer SH, menegaskan sosialisasi terkait Isu keagamaan adalah isu yang sangat berpengaruh dalam kehidupan bermasyarakat. Hal tersebut harus kita perhatikan agar tidak sampai terjadi hal-hal yang dapat mengganggu stabilitas keamanan sehingga perlu kita tingkatkan toleransi dan kerukunan umat beragama.

“Saya harap dengan apa yang telah kita rutin paparkan dan sosialisasikan, masyarakat teluk bintuni di harapkan dapat mampu bersama pemda mewujudkan kemajuan pembangunan yang profesional,aman dan harmonis,”harapnya.(ART)

 

 

Tinggalkan Balasan