Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan, Senin (23/10), disela-sela apel gabungan menyerahkan 3 unit mobil sampah ke Dinas Lingkungan hidup dan 2 unit Mobil Ambulans ke Rumah Sakit Pratama Warmare.

Penyerapan anggaran baru 58 %, Demas perintahkan OPD melapor

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Bupati Kabupaten Manokwari Demas Paulus Mandacan menegaskan Organisasi Perangkat Daerah atau OPD –sebelumnya disebut SKPD—  di lingkungan Pemerintah Kabupaten Manokwari segera melapor jika tak mampu menyerap anggaran tahun 2017.

Hal ini ditegaskan Demas berkaitan dengan belum maksimalnya penyerapan anggaran Pemkab Manokwari tahun anggaran 2017 padahal sudah memasuki akhir Oktober.

Menurut Demas hingga pertengahan Oktober penyerapan anggaran Pemkab Manokwari baru mencapai 58 persen. Itu artinya Pemkab masih punya PR untuk menyerap anggaran sisa atau sebesar 42 persen sebelum akhir tahun.

Demas mengatakan OPD yang tak mampu menyerap anggaran perlu segera melapor agar dilakukan persegeran ke pos yang kemungkinan dapat menyerap anggaran secepat mungkin.

“Berdasarkan data, serapan anggaran pada kegiatan fisik masih banyak yang belum dilakukan, terutama di rumah sakit maupun yang ada di dinas pekerjaan umum,” kata Demas, Senin (23/10).

Bupati menegaskan agar pimpinan OPD segera memastikan pekerjaan fisik yang belum berjalan dan segera melapor.

Demas mengatakan pada tahun anggaran 2018 dia akan memberikan sanksi kepada OPD yang tidak mampu menyerap anggaran sesuai target. Saksi berupa pengurangan anggaran dari dinas terkait.

Sebaliknya bila OPD mampu melakukan penyerapan anggaran secara cepat dan tepat sasaran, Demas berjanji menaikkan anggarannya.

“Jadi kalau ada OPD yang tidak mampu serap anggaran, kita akan potong anggarannya, tapi kalau dia cepat melakukan serapan anggaran dan tepat sasaran, maka anggarannya kita naikan,” jelas Demas.

Demas mengharapkan agar setiap OPD yang ada di lingkup Pemda Manokwari agar sebelum penetapan anggaran perubahan 2017 dapat memaksimalkan anggaran yang ada.

Bupati mengatakan tiap SKPD perlu memaksimalkan penyerapan anggaran mengingat waktu yang tersisa hanya dua bulan sebelum tahun anggaran 2017 tutup buku. (CR79)

Tinggalkan Balasan