Penyusunan RPJMD diharap sejalan dengan visi-misi kepala daerah

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Pemahaman dan penjabaran dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) diharap sejalan dengan visi-misi kepala daerah dan Rencana Strategi Organisasi dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan.

Hal ini diungkapkan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, melalui Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Jakonias Sawaki, pada kegiatan Fasilitasi Peningkatan Kapasitas Analisis organisasi Setda Papua Barat, di Hotel Misiliana Toraja Utara, Selasa kemarin.

Dalam sambutannya, dikatakan bahwa penataan sistem penyelenggaraan pemerintahan di Papua Barat saat ini, belum sepenuhnya berhasil. Dan hal itu mendapat perhatian dari masyarakat yang menginginkan pelaksanaan program dan kegiatan pemerintahan otonomi, harus berpihak kepada rakyat.

Dan disadari pula, pembangunan saat ini yang sudah dan sedang berjalan belum menyentuh seutuhnya pada sendi-sendi kehidupan masyarakat hingga kekelas bawah.

Untuk itu, lanjut dia, pelaksanaan Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan musyawarah pembangunan dapat menjadikan sistem perencanaan pemerintah daerah lebih terarah dan terukur. Selain itu, perlu adanya pembedahan terhadap wadah tempat berkumpulnya Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bekerja, mulai dari aturan manajemen maupun penyusunan kelembagaan perangkat daerah.

Menurutnya dari kegiatan ini diharapkan mampu mendesain OPD yang tepat fungsi dan tepat ukuran, cepat dan tepat melayani publik tanpa harus menyusun OPD yang besar tetapi ramping dengan uraian tugas dan tata kerja yang jelas dan transparan.

“Sehingga mempermudah OPD menyusun program kegiatan sesuai visi misi Gubernur Papua Barat periode 2017-2022,” tuturnya seperti siaran pers yang diterima Cahaya Papua.

Menurut dia, kedepan akan dilakukan evaluasi guna perbaikan dalam mendesain struktur organisasi dan tata kerja kelembagaan perangkat daerah.

Sementara itu, Bupati Toraja Utara, Kalla Tiku Paembonan, yang turut hadir dalam kegiatan ini, mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia juga berharap kegiatan ini dapat diserap oleh peserta sehingga bisa diimplementasikan. (cr-79)

Tinggalkan Balasan