Gapura Hias di Kompleks Kampung Bouw. Masyarakat dengan inisiatif sendiri membangun Gapura dan Pondok Hias untuk menyemarakkan HUT PI ke-160. |CAHAYAPAPUA.com | Zack Tonu Bala

Percantik Kota, Pembuat Pondok Hias HUT PI dapat Penghargaan

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com—- Perayaan HUT Pekabaran Injil di Tanah Papua ke-160 membuat kota Manokwari menjadi tampak lebih indah dan  semarak terutama di malam hari.  Masyarakat seakan berlomba-lomba mempercantik lingkungan maupun kompleks pemukiman masing-masing dengan beragam kreativitas.

Mulai dari membuat gapura lengkap dengan pondok hias, memasang lampu hias aneka bentuk dan warna hingga memasang umbul-umbul maupun hiasan lainnya. Ini semua dilakukan sebagai wujud sukacita atas masuknya Injil 160 tahun silam.

Kreativitas masyarakat mempercantik kota Manokwari atas kesadaran sendiri itu ternyata membuat bupati Manokwari Bastian Salabai bangga. Orang nomor satu itu pun memberi penghargaan berupa uang stimulan bagi kelompok masyarakat yang membuat gapura hias maupun pondok hias itu.

Bupati mengatakan, dana yang diberikan itu merupakan apresiasi dari Pemkab Manokwari atas kreativitas masyarakat terutama anak-anak muda.

“Saya merasa bangga dengan semangat yang ditunjukkan, ini luar biasa. Ini membuktikan masyarakat kita sebenarnya bisa membangun dirinya sendiri, “ kata Bupati saat menyerahkan uang penghargaan kepada kelompok masyarakat di Kampung Bouw, Fanindi, Manokwari Barat, Rabu (4/2/2015) petang.

Ismail Sinon, ketua RT 3 Kampung Bouw, Fanindi yang ikut menerima uang penghargaan mengaku senang atas perhatian dari Pemkab Manokwari. Meski begitu, Ia menegaskan, apa yang mereka lakukan untuk mempercantik kota Manokwari dalam rangka HUT PI muncul dari kesadaran sendiri tanpa ada iming-iming mendapat hadiah dari Pemda.

“Kami buat ini (gapura hias) bukan karena mau cari hadiah. Kami melakukan dengan sukarela dengan biaya sendiri untuk merayakan HUT PI. Jadi tidak dikasih uang pun tidak apa-apa, “ ujar Sinon di hadapan Bupati.

Dari data yang dihimpun Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Manokwari, tercatat ada lebih dari 50 gapura maupun pondok hias yang dibangun untuk memeriahkan HUT PI ke-160.

“Ini kita tidak lombakan. Jadi yang diberikan ini sebagai bentuk motivasi kepada masyarakat yang dengan penuh semangat membangun gapura maupun pondok hias. Untuk yang besar dapat 3 juta dan yang kecil 2,5 juta, “ kata Kadis Budpar Yusak Wabia di tempat yang sama. |ZACK TONU BALA

Tinggalkan Balasan