Frida Klasin

Perdasus Pemilihan Anggota MRP-PB Masih Parkir di Kemendagri

MANOKWARI, Cahayapapua.com—  Peraturan daerah khusus (Perdasus) tentang jumlah dan keanggotaan Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Barat (MRP-PB) hingga kini masih menunggu permohonan register. Perdasus tersebut masih parkir di Ditjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPR Papua Barat, Frida Thabita Kelasin mengatakan, waktu yang dibutuhkan dalam proses register atau penomoran tidak lebih dari seminggu.

“Saya harap juga, proses register ini bisa segera selesai. Supaya dilakukan pengundangannya di tingkat provinsi. Perdasus sudah diserahkan sejak minggu lalu ke Ditjen Otda. Proses ini menjadi kewenangan Biro Hukum,” kata Frida, Kamis (13/10/2016).

Selain Perdasus jumlah dan keanggotaan MRP-PB, kata Frida, Perdasus syarat dan tata cara pemilihan kepala daerah juga dalam tahapan proses yang sama.

Frida belum berani menegaskan apakah regulasi tersebut dipakai pada Pilkada Papua Barat pada 2017 mendatang. Meski demikian, MRP-PB telah melakukan verifikasi soal keaslian bakal calon gubernur dan wakil gubernur.

“Kalau dilihat, proses itu sudah dilaksanakan. Sudah ada hasil, seharusnya proses ini ada di dalam perdasus. Proses pengesahan perdasusnya, semua berjalan normatif. Soal lainnya, itu soal nanti,” ujar Frida. (ALF)

Tinggalkan Balasan