Ilustrasi. | Ist

Peredaran Narkoba di Manokwari Makin Meresahkan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com –  Peredaran narkoba atau narkotika dan obat-obatan terlarang di Manokwari sudah semakin meresahkan. Masyarakat dan pemerintah daerah diajak untuk sigap memerangi kondisi ini.

Ketua Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Kabupaten Manokwari, Romer Tapilatu, Selasa (11/11/2014), mengatakan, peredaran ganja sudah sampai pada pelajar SMP hingga SMA.

“Sementara anak-anak kecil banyak kasus penyalahgunaan lem fox atau aibon,” kata Romer.

Menurut Romer, jika kasus penyalahgunaan narkoba meningkat, bukan hal yang mustahil HIV dan AIDS di Manokwari akan meningkat. Sebab dua hal ini menurutnya berkaitan erat.

Ia mengajak seluruh pihak berpacu memerangi peredaran barang haram tersebut sebab seiring perkembangan pembangunan, kenakalan remaja di Manokwari semakin tinggi, sehingga bukan tidak mungkin mereka bisa terjebak sebagai korban.

Para orang tua diingatkan sebisa mungkin mengingatkan anak-anak mereka baik yang telah duduk dibangku SD, SMP, SMA maupun bangku kuliah. “Banyak anak-anak yang terpengaruh oleh temanya. Ini harus dipahami semua orang tua,” sebutnya.

Sementara kepolisian, LSM dan pemerintah diminta meningkatkan pengawasan untuk memutus mata rantai peredaran narkoba tersebut.Menurut Romer peredaran narkoba saat ini dilakukan secara terselubung.

Romer juga berharap kepolisian tidak mentolerir para pengedar obat-obatan terlarang maupun pengedar miras. Sebab dua kasus ini terus beriringan.

“Jangan sampai anak-anak kita akhirnya menjadi pecandu akibat ulah para pengedar ini. Jika hal ini terjadi, maka bukan hanya para orang tua yang sedih, ini juga akan mengancam masa depan anak-anak kita,” katanya.

Menurut Romer untuk memberantas peradaran narkoba dan obat-obatan terlarang, diperlukan anggaran yang cukup, terutama bagi lembaga yang fokus mengawasi dan menindak kasus peredaran narkoba.

GranatManokwari menurutnya beberapa kali melakukan sosialisasi yang menyasar pelajar dan mahasiswa.|TOYIBAN

 

EDITOR: DUMA TATO SANDA

Tinggalkan Balasan