Pembukaan Musyawarah Wilayah (Muswil) III Perempuan Arfak yang berlangsung di Manokwari, Kamis (13/7).

Perempuan Arfak diminta berperan dukung pembangunan daerah

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Perempuan Arfak diminta untuk ikut berperan dalam mendukung proses Pembangunan Daerah.

Salah satu kampung di kabupaten Pegunungan Arfak. Foto: CAHAYAPAPUA.com |Duma Tato Sanda

Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Papua Barat Jakonias Sawaki yang mewakili Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, dalam pembukaan Musyawarah Wilayah (Muswil) III Perempuan Arfak, menuturkan, sesuai tema yang diusung yakni Perempuan Arfak bergandeng tangan menghadapi era globalisasi, harus mampu memanfaatkan peluang di era perkembangan informasi.

“Di jaman sekarang ini, perempuan jangan mau ketinggalan, harus pintar-pintar manfaatkan peluang guna mendukung pembangunan daerah ini,” ujar J.Sawaki pada kegiatan yang digelar di Valdos Hotel, Kamis (13/7).

Muswil III yang juga dihadiri perwakilan dari 5 daerah, yakni Kabupaten Pegunungan Arfak, Manokwari selatan, Bintuni dan Tambrauw dan Kabupaten Manokwari tersebut, J. Sawaki juga mengingatkan peserta terkait ketatnya persaingan di era globalisasi.

Menurutnya di sisi lain, jika globalisasi tak disiasati dengan baik, kemajuan teknologi dapat mengancam pergeseran budaya dan adat istiadat.

“Dalam kemajuan teknologi sekarang, seperti maraknya penggunaan media sosial, kadang membuat suami dan istri saling cemburu. Nah itu dampak negatifnya. Tetapi kalau kita gunakan untuk mencari resep makanan itu jauh lebih baik,” kata dia mencontohkan.

“Gubernur selalu berpesan, kita harus membangun dengan hati, dan kalau bukan kitorang siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi. Jadi dengan musyawarah ini diharapkan melahirkan ketua yang mempersatukan,” tutur J. Sawaki.

Ketua Panitia Pelaksana Muswil III Perempuan Arfak Sarce Meidodga mengatakan, kegiatan ini melibatkan peserta dari empat daerah dan 9 distrik yang ada di Manokwari serta masing-masing diwakili 5 orang.

“Dalam Muswil tingkat provinsi ini, sekaligus akan kita gelar Musda Kabupaten Manokwari, sampai tiga hari kedepan,” terang Sarce.

Terpantu, pada kegiatan ini, dihadiri Asisten II Kabupaten Manokwari, Wakil Ketua II DPRD Manokwari serta Plt Kesbangpol Manokwari dan juga Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Papua Barat serta Manokwari. (mar)

Tinggalkan Balasan