Ketua Tim Pengarah calon DOB Manbar, Mathias Makambak bersama perwakilan masyarakat lima distrik, Kebar, Senopi, Mubrani, Amberbaken dan Sidey, foto bersama di kediamannya, Minggu kemarin.

Perjuangan DOB Manbar Capai Final

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Rapat Pleno DPD RI pada Selasa (4/10/2016) lalu, menjawab kegelisahan masyarakat calon daerah otonom baru Manokwari Barat (DOB- Manbar) yang mencakup lima distrik meliputi distrik Kebar, Senopi, Amberbaken, Mubrani dan distrik Sidey.

Ketua Tim Pengarah calon DOB Manbar, Mathias Makambak, SH mengungkapkan, DOB – Manbar masuk dalam rencana pemerintah pusat untuk dimekarkan menjadi daerah otonom baru.

“DOB Manbar dan Kotamadya Manokwari masuk dalam rencana pemerintah pusat untuk dimekarkan dalam waktu dekat ini. Khusus DOB Manbar, Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan di forum itu dengan tegas menyatakan prioritasnya mendukung penuh pemekaran DOB Manbar,” kata Mathias Makambak mengutip pernyataan Bupati Manokwari.

Lanjut dia, rapat pleno di DPD RI Selasa lalu,  dihadiri Mendagri, Menkopolhukam, seluruh anggota dan pimpinan DPD RI,  gubernur, walikota dan bupati se Indonesia.

Di situ (rapat pleno,red.) DOB – Manbar lebih dikedepankan karena merupakan daerah konflik. Jelasnya, papar Mathias Makambak, Manokwari Barat diutamakan karena pembentukan DOB Manbar merupakan pilihan untuk mengakhiri konflik yang berkepanjangan di wilayah tersebut.

Pada kesempatan ini, Mathias Makambak beserta masyarakat lima distrik mengucapkan terima kasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat maupun mantan Bupati Manokwari, Bastian Salabay dan Bupati Manokwari periode 2016 – 2021, Paulus Demas Mandacan yang telah mendukung penuh pembentukan calon DOB – Manbar.

Tak lupa sebut dia, peran  kepala suku antara lain Samuel Mandacan, Keliopas Meidodga dan Ketua Mekkesa, Obed Ayok Rumbruren, Barnabas Mandacan yang juga Ketua Dewan Adat Papua wilayah III Mnukwar, serta pimpinan dan anggota DPR dan  MRP Papua Barat.

“Saya juga haturkan terima kasih kepada masyarakat Manokwari Barat yang selalu setia, loyal dalam menanti kejelasan calon DOB Manbar. Inipun perjuangan kaka almarhum Ferdinand Teniwut, sebagai tokoh inisiator pemekaran kabupaten Manokwari Barat yang akan kitorang kawal sampai final ,”ujar Makambak pada jumpa pers, Minggu (9/10/2016) di kediamannya. (CP)

 

Tinggalkan Balasan