Peserta Pemilihan Putri Bunga Argadia dan Batik Nusantara 2016 yang dirangkai dengan pemilihan putri citra Papua Barat di Swissbel Hotel Manokwari, Minggu (16/10).
Peserta Pemilihan Putri Bunga Argadia dan Batik Nusantara 2016 yang dirangkai dengan pemilihan putri citra Papua Barat di Swissbel Hotel Manokwari, Minggu (16/10).

Perkenalkan Destinasi Wisata, Argadia Gelar Pemilihan Putri Citra

MANOKWARI–– Yayasan Argadia, kembali mendorong Destinasi Wisata Papua Barat, melalui ajang Pemilihan Putri Citra Papua Barat (PB).

Gelaran tersebut berlangsung di Swiss Bel Hotel Manokwari, Minggu (16/10). Dan diikuti puluhan peserta yang berasal dari 13 Kabupaten/Kota yang ada.

“Antusias masyarkat disini (PB red) sangat tinggi dibidang Fasion, melalui ajang seperti inilah kita bisa kenalkan Destinasi  Wisata yang ada di PB,” kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Yayasan Argadia, Toto Iswanto disela kegiatan teraebut.

Dia mengemukakan, bahwa ajang yang sema sebelumya telah memilih Putri Wisata Asal Raja Ampat dan berhasil memperkenalkan Wisata di  PB hingga manca negara. Kemudian papar dia, ajang pemilihan hari ini (Kemarin) merupakan kali ketiga, dan Manokwari memurunkan tiga finalisnya.

“Jadi kegiatan ini untuk ke- tiga kali-nya kami buat. Manokwari ada tiga finalis dan kabupaten lainya masing – masing mengitim sati perwakilan finalis,” tuturnya.

Bukan hanya gelaran pemilihan Putri Citra, kali ini sebut dia, bersamaan dengan ini, pihaknya juga menggelar Pemilihan Putra – Putri Batik Tenun Nusantara. Pesertanya pun berasal dari 13 Kabupaten/Kota.

” Kali ini memang kita buat tiga kategori dan kami petakan tiga kelompok umur. Kelompok pertama, 4 – 7 tahun,  8 -11 tahun dan terakhir  12 -17 tahun,” jelas Toto.

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa gelaran tersebut tidak berhenti di PB saja. Namun untuk terbaik utama atau juara 1 terpilih masing – masing kategori, akan mewakili PB untuk kembali berlaga pada tingkat Nasional yang dipusatkan di Bali pada 28 – 30  Oktober mendatang.

“Insya Allah semua finalis satu terpilih kita ikutkan lagi di Bali dan semuanya akan kita (Yayasan Argadia red) yang fasilitasi,” ujarnya.

Ia menuturkan untuk kriteria penilainnya, khusus pada Pemilihan Putri Citra, diutamakan sejauh mana kematangan dan kepahaman dan wawasanya akan Destinasi yang ada di PB. Sedangkan Pemilihan Putra – Putri Batik Tenun Nusantara dan Putri Bunga Argadia masih pada penguaaaan panggung dan tata busananya.

“Seluruh peserta yang ikut yaitu  80 orang dari tiga kategori ini dan juri – juri ada dari kalangan Akademisi Unipa dan pekerja seni yang kita datangkan khusus dari jakarta satu orang, selebihnya dari Manokwari,” urainya semabari memambahkan kegiatan aerupa akan terus digelar ditahun – tahun berikutnya hingga Pariwisata PB dikenal dan menarik wisatawan.  (TNJ)

Tinggalkan Balasan