Jalan santai bersama sambil pungut sampah yang dilakukan para jurnalis Manokwari dalam rangka Hari Pers Nasional 2015, Kamis 29 Januari. | CAHAYAPAPUA.com | Zack Tonu Bala

Pers Diminta Tingkatkan Kualitas dan Jaga Keberimbangan Berita

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com—- Keberadaan media pers sangat penting dalam mendukung keberlangsungan pemerintahan maupun pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Manokwari selama ini.

Sebagai mitra pemerintah, media pers baik cetak maupun elektronik telah memainkan peran sebagai penyedia informasi sekaligus media kontrol sosial terutama dalam penyampaian informasi tentang pembangunan sehingga bisa diketahui secara luas oleh semua lapisan masyarakat di Manokwari.

Hal itu dikemukakan Bupati Manokwari Bastian Salabai saat memberi sambutan usai kegiatan jalan santai bersama sambil pungut sampah dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) ke-69, di halaman kantor LPP RRI Manokwari, Kamis pagi (29/1/2015).

“Saya selaku Bupati sangat merasakan peranan dari insan pers. Saya memberikan apresiasi kepada insan pers yang selama ini telah memberikan kontribusi dalam memberikan informasi pembangunan daerah kepada masyarakat, “ kata Salabai.

Kendati begitu, orang nomor satu Pemkab Manokwari itu berpesan agar media pers di Manokwari terus berbenah agar produk jurnalistik yang dihasilkan semakin berkualitas dan disenangi publik.

“Tanpa insan pers, tidak mungkin masyarakat bisa tahu informasi pembangunan. Saya berharap, para insan pers terus meningkatkan kualitas pemberitaan sehingga lebih disukai masyarakat, “ ujar Bupati.

Dandim 1703 Manokwari Letkol Inf Stefanus Satrio Aribowo pada kesempatan yang sama juga mengharapkan, selain terus meningkatkan kualitas pemberitaan, aspek penting yang hendaknya dipegang teguh oleh semua jurnalis adalah akurasi dan keberimbangan berita.

“Bagi TNI AD, pers adalah mitra. Jadi kita berdiri sejajar. Tentu kami berharap pers di Manokwari tetap menjaga independensinya, menjaga kualitas pemberitaan dan tetap akurat dan berimbang. Itu yang penting,“ ucap Satrio.

Sementara itu Ketua PWI Papua Barat Ferdinan Teniwut mengingatkan masih banyak  masyarakat bahkan level pejabat daerah sekalipun yang belum melek terhadap kebebasan dan kemerdekaan pers.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri yang harus disikapi dengan bijak oleh semua pekerja pers di Manokwari maupun di Papua Barat. “Jadi tugas kita adalah bagaimana memberi penyadaran kepada masyarakat tentang kebebasan pers itu sendiri, “ ucap pemimpin redaksi Harian Cahaya Papua itu. |ZACK TONU BALA

Tinggalkan Balasan