Tempat-Pembuangan-Akhir-Sampah-di-Sowi-Gunung.-Meskipun-TPA-tidak-dipalang-sampah-tetap-menumpuk-di-dalam-kota.Dok_.CP

Persoalan Sampah Merebak ke Daerah Pinggiran, Pemda Dituntut Serius

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com – Anggota Fraksi PDIP DPRD Manokwari Yunus Induwek menegaskan pemerintah Kabupaten Manokwari agar serius mengatasi permasalahan sampah yang tidak hanya dihadapi oleh masyarakat perkotaan, namun mulai merebak ke daerah pinggiran kota Manokwari.

Induwek meminta Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Manokwari agar menyediakan fasilitas tempat pembuangan sampah sementara (TPS) berupa bak sampah maupun TPS yang terbuat dari bahan drum bekas untuk ditaruh di sepanjang jalan.

“Selaku perwakilan masyarakat yang saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Manokwari, saya meminta kepada dinas PU Kabupaten Manokwari untuk menyiapkan fasilitas TPS seperti bak sampah maupun drum sampah untuk memudahkan masyarakat saat buang sampah dan juga memudahkan petugas kebersihan untuk angkut sampah,” tegasnya di kantor DPRD Manokwari, kemarin.

Pria yang dipilih rakyat saat pemilihan legislative 2014 lalu melalui daerah pemilihan 2 meliputi, Distrik Manokwari Timur, Manokwari Utara, Manokwari Selatan dan Distrik Tanah Rubuh ini menilai, ketidakseriusan pemerintah dalam hal pengelolaan sampah berdampak pada perilaku masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya.

“Pemerintah melalui dinas terkait tidak serius urus sampah. Buktinya pemerintah tidak sediakan tempat pembuangan sampah sementara. Jadi jangan salahkan masyarakat yang buang sampah sembarangan, tapi masyarakat juga harus biasakan hidup bersih dan jangan buang sampah sembarangan,” ujar Induwek.

Untuk itu induwek meminta khususnya wilayah Distrik Manokwari Selatan, harus ada 3 titik penempatan bak sampah. Titik pertama ditaruh di sekitar tugu selamat datang kompi senapan C, 753 Arfai, titik kedua ditempatkan di jalan poros dekat SMP 70 Arfai dan titik ketiga ditempatkan di samping Jembatan Andai. |MUHAMMAD RIZALDY