Ilustrasi Pertamina EP

Pertamina EP Akan Survei Seismik 2D di Kokoda

TEMINABUAN, CAHAYAPAPUA.com— PT Pertamina EP Aset 5 Papua Field dalam waktu dekat ini akan melakukan survei seismik dua dimensi (2D) di Kampung Tambani dan Kampung Daimar, Distrik Kokoda. Terkait dengan rencana tersebut, PT Pertamina EP, Senin (5/10) mengadakan sosialisasi survei seismik 2D dengan pemilik hak ulayat di Hotel Mratwa-Sesna.

Sosialisasi tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Sorsel yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan, Yunus Boltal.
Dalam sambutannya Asisten I mengatakan sosialisasi survei dengan pemilik hak ulayat ini merupakan tindaklanjut dari sosialisasi pertama dengan Pemda Sorsel pada Maret lalu.

Dikatakannya secara administrasi Pemda Sorsel telah membuat izin prinsip untuk kegiatan survei seismik 2D PT Pertamina EP di dua kampung di Distrik Kokoda tersebut. Untuk itu diharapkan dukungan masyarakat setempat dalam rangka kelancaran kegiatan survei seismik 2D yang rencananya akan dilaksanakan akhir Oktober 2015.

Kepala Bagian Humas SKK Migas Papua-Maluku, Otniel Wafom mengatakan semua persyaratan yang dikeluarkan Pemda Sorsel harus mendapat persetujuan dari menteri.

Sebelum melakukan survey seismik 2D, tegasnya, PT Pertamina EP harus mengantongi dokumen lingkungan Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL) yang dikeluarkan Bapedalda Provinsi Papua Barat.

Sementara Pertamina Eksplorasi PT Pertamina EP Aset 5 Papua Field, Restra Wira menjelaskan sosialisasi ini dimaksudkan sebagai pemaparan mengenai teknis rencana pelaksanaan kegiatan seismik 2D oleh PT Pertamina. Kegiatan Survey seismik dua lintasan ini bertujuan untuk mencari titik-titik di dalam perut bumi yang mengandung minyak.

PT Pertamina, kata Wira, berkomitmen akan mengganti segala kerugian material yang disebabkan oleh adanya kegiatan survey dengan mengacu pada indeks harga ganti rugi tanam tumbuh yang ditetapkan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Sorsel. Maka dari itu, Pertamina EP meminta dukungan dari seluruh warga sehingga kegiatan survei seismik dapat berlangsung dengan aman dan lancar.

Sekretaris LMA Emeyode Kokoda, Yohan Bodori mengatakan sangat mendukung terkait rencana survey seismik 2D di Kampung Tambani dan Daimar tersebut. Namun pihaknya meminta PT Pertamina EP untuk membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat pemilik hak ulayat, distrik dan pemda.

Dukungan yang sama disampaikan Kepala Suku Imekko, Dominggus Aifufu, Kepala Distrik Kokoda, Imanuel Gogoba, para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh pemuda, dan kepala Kampung Tambani.

Sosialiasasi ini turut dihadiri Kepala Dinas Kehutanan, Agustinus Wamafma, S.Hut, M.Si, Perwakilan dari Dinas Pertambangan dan Energi, Dinas Lingkungan Hidup, dan sebagian masyarakat pemilik hak ulayat. |NASIR