Penyerahan bantuan pendidikan pelajar SD SMP dan SME Seget dan Klayas sebagai program CSR Pertamina RU VII tahun 2014. | CAHAYAPAPUA.com

Pertamina Ubah CSR Pendidikan dari Uang Tunai ke Fisik

SORONG,CAHAYAPAPUA.com—- Pertamina RU VII, Sabtu (31/) pekan lalu, memberikan bantuan pendidikan kepada siswa Sekolah Dasar (SD) Seget, Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Seget.

General Manager (GM) Pertamina RU VII Kasim, Ir. Gunarno mengatakan, bantuan yang diberikan adalah merupakan program kerja dari kilang, guna membantu para siswa-siswi yang membutuhkan peralatan pendidikan didaerah itu.

Selain peralatan pendidikan, Gunarno mengaku, pihaknya akan terus memberikan bantuan lainnya kepada warga deerah ring satu, sesuai dengan kebutuhan di daerah itu.

Sebelumnya pihaknya telah memberikan bantuan kepada masyarakat, berupa dana secara langsung. Namun dana yang diberikan, penggunaannya justru kurang efektif, sehingga yang dahulunya bantuan berupa dana, digantikan dengan barang langsung, sesuai dengan permintaan.

“Sekarang Pertamina tidak lagi memberi dalam bentuk cash, jadi yang diberikan berupa pendukung saja, terkadang yang diberikan cash penggunaannya ke arah lain,” kata Gunarno.

Adapun, barang yang diberikan kepada para siswa berupa pakaian seragam, tas sekolah, perlengkapan olah raga, dan wireless (pengeras suara-red) yang digunakan, dimana bantuan tersebut sesuai dengan permintaan para dewan guru di sekolah tersebut.

“Tahun lalu kami berikan bantuan langsung secara kes kepada para siswa, tapi saya lihatnya tidak tepat sasaran, makanya kami rubah dalam bentuk barang saja,” ujarnya.

Selain memberikan bantuan berupa barang kepada siswa-siswi. Gunarno mengaku, Pertamina juga menyekolahkan putra-putri papua pada universitas yang ada di Indonesia. Tentunya hal itu bekerjasama dengan pemerintah Kota Sorong.

Soal pemberian sekolah, lelaki berdarah jawa ini mengaku sebelumnya pihaknya telah menyekolahkan delapan orang anak asli papua, di daerah jawa, namun dari delapan orang tersebut hanya sedikit yang mampu bertahan,

“Kita pernah sekolahkan delapan orang namun kelemahan mereka ga kerasan (bertahan-red), sehingga ada yang pulang ke daerah,” ujarnya. |CR-73

One comment

  1. Selamat n sukses selalu buat pertamina. Jika kami ingin minta bantuan sarana pendidikan khususnya bagi Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) khusus daerah malanu Arter/kios Anda. apa kami bisa ajukan proposal dan apa saja persyaratannya. kami juga mencari sponsor khusus di bidang pendidikan Lingkungan Hidup/pemanasan global dan perubahan cuaca bagi anak usia 9 – 12 tahun khususnya di daerah pesisir se-sorong raya. kami sudah melaksanakannya di tiga lokasi(Malanu Arter, PGB dan Kpg Inamo Klalin 6) dan penerimaan masyarakat sangat baik tapi kami terkendala dengan dana dan sarana prasarana. Kami sangat berharap kesempatan tahun 2017 ini kami mendapat sponsor peduli lingkungan dan pendidikan. thanks n GB Pertamina n Kota Sorong-Indonesia. Yayasan Mange Mange Papua

Tinggalkan Balasan