Presiden Joko Widodo dalam pertemuan dengan kepala daerah, tokoh adat dan tokoh agama di Kota Sorong, Papua Barat. Foto: Dokumentasi Setkab RI

Pesan Jokowi dari Sorong: Kepala Daerah Jangan Obral Kekayaan Alam

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— Presiden Joko Widodo mengingatkan kepala daerah di Papua Barat agar tidak mengobral kekayaan alam yang ada di Papua Barat. Pesan ini disampaikan dalam kunjungannya ke Kota Sorong, Papua Barat, Senin (29/12/2014).

Jokowi mengatakan selama mengunjungi tanah Papua, ia telah menyaksikan bahwa kekayaan di bumi ini sangat melimpah, bahkan ia menyebut Papua sangat kaya.

Untuk itu ia menegaskan agar kepala daerah mengendalikan kekayaan itu untuk kemakmuran rakyat.

“Jangan sampai diobral. Jangan mengobral lisensi atau izin tapi kekayaan kita habis dan rakyat tidak dapat apa-apa,” kata Jokowi dalam pertemuan dengan kepala daerah, tokoh adat dan tokoh agama Papua Barat di kantor Walikota Sorong. Gubernur Papua Barat Abraham Atururi juga hadir dalam pertemuan itu.

Jokowi menegaskan bahwa pengelolaan kekayaan tanah Papua untuk kemakmuran rakyat ada ditangan para kepala daerah, sehingga ia menekankan mereka untuk menerapkan kebijakan publik yang benar dan tepat.

Pada kesempatan itu Jokowi memakai Singapura sebagai contoh, ia menyebut negara itu tidak memiliki kekayan alam seperti Papua namun bisa menjadi negara yang besar dan kaya.

“Mereka punya apa? Nggak punya apa-apa. Nggak punya kekayaan sama sekali tapi bisa sangat kaya,” ujarnya memberi contoh seperti dikutip laman setkab RI.

Selain berbicara dengan para kepala daerah, di Sorong, Jokowi juga sempat mengunjungi Kampung Nelayan di Distrik Malawei. Di rumah-rumah terapung tersebut ia sempat berdialog dengan warga setempat.

 

EDITOR: DUMA TATO SANDA

Tinggalkan Balasan