Gubernur PB Dominggus Mandacan saat tiba di Bandara Utarom Kaimana disambut Bupatti dan Muspida lainnya.

Pesparawi XII se-Tanah Papua dibuka Gubernur Dominggus

KAIMANA, Cahayapapua.com— Sesuai jadwal, hari ini Jumat (15/9/2017), Pesta Paduan  Suara Gerejawi ke XII se-Tanah Papua yang dilaksanakan di Kabupaten Kaimana akan dibuka secara resmi. Penundaan pembukaan yang semestinya dilaksanakan pada 9 september 2017, dilakukan karena menyesuaikan dengan jadwal kedatangan Presiden RI Joko Widodo, yang berencana akan membuka kegiatan ini.          

Data yang dihimpun menyebutkan, hingga H-1 pelaksanaan kegiatan, belum ada informasi pasti dari pihak istana terkait kedatangan orang nomor satu RI ke Kaimana. Demikian pula pejabat yang akan mewakili, juga belum ada informasi pasti yang sampai ke tangan panitia. Untuk mengatasinya, pembukaan kegiatan diperkirakan akan dilakukan oleh Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, yang sejak Rabu telah berada di Kaimana.

Selain gubernur, telah hadir pula sejumlah pejabat daerah, diantaranya Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen Yoppye Onesimus Wayangkau, Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol. Rudolf Alberth Rodja, Pejabat yang mewakili Gubernur Papua, para Bupati/Walikota se-Provinsi Papua dan Papua Barat, serta pejabat lainnya.

Pantauan Cahaya Kaimana, berbagai persiapan dalam rangka meramaikan pembukaan Pesparawi XII ini telah dilakukan. Stadion Triton, yang menjadi lokasi pembukaan kegiatan telah ditata dengan sangat apik. Tribun utama dan tribun tambahan yang akan ditempati para kontingen juga telah dihias. Sementara itu, di halaman parker juga telah disediakan tempat khusus untuk memarkir mobil pejabat pusat termasuk mobil RI 1.

Untuk meramaikan acara pembukaan, panitia secara khusus menyewa perangkat soundsystim dari Jakarta, yang dilengkapi panggung dan lampu hias yang gegap gempita. Selain perangkat panggung dan lainnya, dihadirkan kelompok orchestra dari Jakarta, yang akan mengiringi kelompok paduan suara dalam menyanyikan 6 lagu untuk mengisi acara pembukaan. Sesuai tahapan, pembukaan kegiatan Pesparawi XII ini akan diawali devile dari para kontingen.

Devile sendiri akan diiringi 100 terompet dengan garis star Pantai Bantemi menuju lokasi stadion, yang berjarak kurang lebih 300 meter. Tiba di pintu masuk stadion, kontingen akan disambut musik hadrat dari kelompok muslim Kaimana, untuk selanjutnya berjalan menuju tempat duduk sambil diiringi musik keroncong nelon. Acara pembukaan sendiri yang dijadwalkan mulai Pukul 19.00 WIT, akan diawali ibadah raya dan menghadirkan pengkhotbah Pater John Bonay, PR.

Dalam acara pembukaan, akan tampil pula 300 penari yang akan membawakan tari kolosal peradaban Papua. Tari yang melibatkan pelajar muslim dan kristen ini, mengisahkan tentang kehidupan masyarakat Papua sebelum dan setelah mengenal injil. Acara ini akan dipandu MC nasional, Yuanita Kristiani dan Niko Siahaan.

Seperti diketahui, kegiatan Pesparawi XII se-Tanah Papua ini sesungguhnya telah mulai dilaksanakan sejak 9 September 2017 melalui berbagai perlombaan. Sebelumnya, pembukaan kegiatan dijadwalkan pada 9 September 2017, namun karena ada permintaan penundaan dari pihak Kemensesneg dan Tim Kepresidenan, maka jadwal pembukaan diundur yakni tanggal 15 September 2017. Namun sayang, hingga H-1 pelaksanaan kegiatan, kepastian kunjungan orang nomor satu RI ini masih tanda tanya. (isa)

Tinggalkan Balasan