Musim Panen Petani Oransbari. (Doc. Cahayapapua)

Petani Sanggup Penuhi Kebutuhan Beras PNS Mansel

MANSEL, Cahayapapua.com— Distrik Oransbari dikenal sebagai salah satu sentra pertanian padi sawah di Provinsi Papua Barat. Setelah Mansel menjadi daerah otonom baru, petani setempat cukup optimis mampu memenuhi kebutuhan beras para pegawai Pemkab Mansel.

Pengurus Kelompok Tani Oransbari, yang juga Ketua KUD Abadi, Tatang mengatakan, tersedianya irigasi yang memadai di aral persawahan berkontribusi signifikan bagi produksi padi Mansel. ” Saya yakin petani mampu menyuplai kebutuhan beras Pemda,” katanya.

Pihaknya sudah membahas peluang-peluang ini bersama para petani. Badan usaha berupa KUD yang beranggotakan para petani juga sudah diaktifkan untuk memperkuat kelembagaan petani. “Dulu koperasi ini menjadi medium sarana kerja sama antara petani dengan Dolog. Sempat vakum setelah kerja sama tidak lagi berjalan,” katanya.

Tatang menyampaikan jika kerjasama ini disambut oleh Pemda, maka pemerintah maupun Petani akan mendapat keuntungan yang setimpal. Kerja sama itu juga bisa dalam bentuk yang lain. Misalnya perbedaan harga dikompensasi oleh pemerintah lewat program-program yang bisa mendukung produksi.

“Dukungan yang sangat diharapkan petani yaitu ketersediaan pupuk dan peralatan mesin pertanian untuk meringankan beban petani. Dukungan semacam itu bisa menekan biaya produksi,” katanya.

Pemerintah Manokwari Selatan pada tahun 2014 lalu sudah bertemu dengan para petani di Oransbari untuk menjajaki kerjasama. Sayangnya ada sejumlah hal yang belum menemui titik temu misalnya komitmen petani untuk menjamin ketersediaan stok beras PNS.

Saat itu Pemda juga menginginkan adanya lembaga atau pihak ketiga dalam kerja sama ini. Namun yang paling mendasar karena kedua belah pihak (pemerintah dan petani, red) belum menemukan harga yang disepakati.|SOETANTO

Tinggalkan Balasan