Bupati Menghadiri Panen Raya di Kampung Sidey Baru SP X. (Foto : Adith Setyawan/CAHAYAPAPUA.com)

Petani Sidey Panen 140 Hektar Berbagai Jenis Tanaman

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com—– Sebagai salah satu daerah penghasil beras di Kabupaten, Kampung Sidey Baru SP X, Distrik Sidey, Senin (27/4/2015) menggelar panen raya yang dihadiri langsung oleh Bupati Manokwari, Bastian Salabai.

Panen Raya ini juga dihadiri Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Dandim 1703 Manokwari, Kepala Bulog Sub Divre Manokwari serta beberapa pejabat lainnya.

Dalam Laporan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Manokwari, Kukuh Saptoyudo mengatakan, di tahun 2015 program gerakan pengelolaan tanaman terpadu untuk Distrik Sidey dilaksanakan seluas 319 hektar, yang siap panen 140 hektar.

Lanjut Kukuh, kondisi lapangan dan daya dukung tidak memungkinkan seluruhnya untuk panen raya serentak.,sehinggga sisahnya menyusul.

“Karena per 6 hektar perlu dukungan satu traktor, sedangkan kalau 300 hektar butuh banyak traktor. Dan di sini traktor sangat sedikit sekali,” jelasnya.

Bupati Manokwari,  Bastian Salabai mengatakan, panen raya dilahan seluas 140 hektar ini merupakan salah satu indikator, bahwa petani di Kabupaten Manokwari kini telah maju pesat.

“Harapan saya adalah melalui panen raya ini, masyarakat dapat memenuhi kebutuhan ekonominya melalui hasil panennya sendiri serta mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan lainnya,” tambah Salabai. |ADITH SETYAWAN