Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Manokwari Alberth Simatupang.

Pihak Bandara setujui kesepakatan baru bagi hasil lahan parkir Bandara

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Pemerintah Kabupaten Manokwari telah mencapai kesepakatan baru bagi hasil pengelolaan lahar parkir Bandara Rendani Manokwari, yang mulai berlaku tahun ini.

Dengan kesepakatan baru tersebut, Pemda Manokwari nantinya mendapat 40 persen hasil dari pengelolaan lahan parkir, sementara pihak Bandara Rendani 60 persen.

Bagi hasil terbaru tersebut meningkat cukup tinggi dibanding bagi yang hasil disepakati pada tahun 2017, sebesar 25 persen kepada Pemda dan 75 persen untuk pihak Bandara.

Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Manokwari Alberth Simatupang mengatakan, usulan untuk mengubah kesepakatan bagi hasil pengelolaan Bandara Rendani dengan pihak Bandara, datang dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Manokwari.

Menurut Albert, bagi hasil yang berlaku pada 2017 sudah tidak relevan untuk diberlakukan tahun ini, karena jumlah tersebut terlalu kecil, sementara jumlah kendaraan yang menggunakan lahan perkir Bandara Rendani terus meningkat.

“Sebagai OPD teknis, kami sudah mengusulkan (pembaruan kesepakatan) dan disepakati pihak Bandara dengan prosentase 40 persen untuk Pemda dan 60 persen pihak Bandara,” ujarnya.

Pemda menurut Albert juga mengatakan bahwa tahun ini akan dilakukan perluasan lahan parkir Bandara Rendani Manokwari. Untuk tujuan tersebut, Pemda telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp.1,6 miliar untuk pembebasan lahan parkir, sementara pembangunannya bersumber dari APBN.

Untuk diketahui, dalam kesepakatan pengelolaan Bandara Rendani yang berlaku tahun lalu, Pemda Manokwari diperkirakan mendapat bagi hasil sebesar Rp. 300 juta. Angka tersebut meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya yang selalu kurang dari Rp. 100 juta. (cr-79)

Leave a Reply

%d bloggers like this: