Ketua Bawaslu Papua Barat, Alfredo Ngamelubun

PILGUB: Bawaslu Desak Pemprov PB Segera Finalkan Anggaran Pengawasan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com—- Permohonan anggaran pengawasan pilkada Papua Barat yang diajukan Bawaslu Provinsi Papua Barat baru mendapat respon dari pemerintah provinsi Papua Barat.

Ketua Bawaslu provinsi Papua Barat, Alfredo Ngamelubun mengatakan, pertemuan dengan pemerintah provinsi Papua Barat akan dilaksanakan hari Jumat mendatang. Agenda pertemuan itu diharapkan memberikan kepastian soal realisasi anggaran pengawasan.

“Sebenarnya, hari ini (kemarin, red) kita diminta untuk bertemu dengan bagian keuangan terkait masalah anggaran. Tetapi ditunda karena bertepatan semua lagi di luar daerah. “Kami sudah minta ke pak sekda agar anggaran dibahas supaya dilihat, rasional atau tidak,” kata Alfredo, Rabu (3/8/2016).

Lambatnya realisasi anggaran pengawasan ini membuat Bawaslu Provinsi Papua Barat dan Panwaslu di tingkat kabupaten dan kota se-Papua Barat. Tidak maksimal dalam melaksanakan tugas pengawasan.

Salah satu tahapan yang tidak terawasi secara maksimal adalah seleksi calon anggota panitia pemilihan distrik (PPD). Tahapan ini telah dilaksanakan oleh KPU. Bahkan, sejumlah PPD telah dilantik. Selanjutnya, PPD akan membentuk panitia pemungutan suara (PPS).

“Kalau angaran tidak turun maka, semua tahapan tidak akan jalan. Panwaslu kabupaten tidak bisa apa-apa. Tidak mungkin kita bentuk panwaslu distrik tanpa ada anggaran, seperti itu,” ujar Alfredo.

Alfredo menambahkan, pertemuan Bawaslu seluruh Indonesia yang digelar di Surabaya. Membahas masalah anggaran serta kesiapan pengawasan pilkada. Yang berkaitan dengan pembentukan panwaslu di tingkat kabupaten/kota hingga panwaslu distrik.

“Kami di Papua Barat kendalanya adalah dana termasuk laporan soal NPHD (naskah perjanjian hibah daerah). Kita laporkan juga. Diharapkan secepatnya anggaran ini bisa direalisasikan, kalau bisa minggu ini sudah final. Kalau memang tidak ada dana. Jelas, kami akan rekomendasikan pilkada Papua Barat ditunda,” tandasnya. (ALF)

Tinggalkan Balasan