Ketua KPU Papua Barat, Amus Atkana.

PILGUB: KPU Papua Barat Resmi Buka Pendaftaran Calon Perseorangan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com—- Pendaftaran pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur calon perseorangan atau independen resmi dibuka. Waktu pendaftaran dibuka tanggal 3-7 Agustus 2016 mendatang.

“Pleno untuk penyerahan syarat dukunga calon independen sudah resmi diplenokan. Komisioner hadir lengkah, juga dihadiri oleh Bawaslu provinsi Papua Barat,” kata Ketua KPU Provinsi Papua Barat, Amus Atkana, Rabu (3/8/2016).

Kata Amus, acuan pendaftaran calon independen merujuk pada Undang-undang nomor 10 tahun 2016 pasal 40 ayat (1) bagian a. Yakni, syaratnya adalah akumulasi KTP serta sebarannya mencapai 50 persen dari wilayah Papua Barat.

“Bagi masyarakat yang mau maju dari jalur independen, ruang itu dibuka terhitung tanggal 3-7 Agustus. Datang ke kantor KPU dengan membawa jumlah dukungan berupa KTP,” ujar dia.

Amus menambahkan, syarat dukungan bagi calon independen adalah 10 persen dari jumlah pemilih di Papua Barat. Jumlah pemilih di daerah ini berkisar 700 ribu an. Artinya, harus ada dukungan KTP yang dikumpul sebanyak 70 ribu lebih.

“Minimal tersebar di 7 kabupaten. Jika tidak sesuai dengan akumulasi tersebut. Dengan demikian tidak akan diakomodir. Silahkan gunakan ruang ini,” pungkasnya. (ALF)

One comment

  1. Reynaldo Tampang Allo

    Mantap min update terus beritanya.

Tinggalkan Balasan