Suasana usai pelantikan PPD Distrik Manokwari Barat, Warmare dan Prafi di Manokwari 20 Juli 2016.

Pilgub Papua Barat: KPUD Manokwari Lantik Tiga PPD

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Manokwari, Albert Karel Buwos, Rabu, melantik Panitia Penyelenggara Distrik (PPD) Manokwari Barat, Warmare dan Prafi yang akan bertugas selama 9 bulan kedepan.

15 orang yang dilantik tersebut dinyatakan layak sebagai penyelenggara pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Papua Barat tahun 2017 mendatang.

“Hari ini kami lantik tiga PPD, pelantikan PPD enam distrik lainya kami laksanakan pada tahap berikutnya,” kata Komisioner KPUD Manokwari, Teddy Pattikaihatu, Rabu (20/7).

Pelantikan PPD enam distrik lain yakni Manokwari Timur, Manokwari Utara, Tanah Rubuh, Manokwari Selatan, Masni dan Sidey belum bisa dilakukan, karena pada seleksi tahap pertama kuota personil belum terpenuhi.

Teddy menjelaskan sesuai peraturan KPU, setiap PPD atau PPK wajib diisi oleh lima orang panitia aktif dan lima orang panitia cadangan. Menyikapi persoalan ini, KPU membuka pendaftaran dan seleksi tahap kedua untuk memenuhi kuota.

Proses seleksi calon anggota PPD enam distrik sedang berlangsung dan para peserta sudah melewati tes tertulis dari sebelumnya pemeriksaan berkas.

“Setelah penetapan kelulusan dari tes tertulis, akan masuk pada tahap berikutnya, yakni tes wawancara untuk menguji kelayakan dan kepatutan peserta,” katanya lagi.

Sesuai kalender kerja KPU, ujarnya menjelaskan, pelantikan PPD enam distrik ini harus dilaksanakan pada bulan ini. Pihaknya  berupaya maksimal agar pembentukan PPD ini berakhir sesuai jadwal.

Selain itu, dia juga berharap pelantikan PPD enam distrik ini dapat dilaksanakan secara serentak, sebab, masih banyak tahapan pilkada yang harus dilaksanakan.

“Setelah dilantik PPD harus segera membentuk tim pemutahiran data pemilih, dan panitia penyelenggara di tingkat kelurahan,” pungkasnya.

Pelantikan anggota PPD tiga distrik tersebut dihadiri secara langsung oleh Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan. (IBN/ACS)

 

Tinggalkan Balasan