Petugas KPPS di Kaimana pada tahap pemungutan suara.

Pilkada Lancar, Golput Cukup Tinggi di Kaimana

KAIMANA, CAHAYAPAPUA.com– Pelaksanaan pesta demokrasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kaimana yang dilaksanakan serempak bersama-sama dengan ratusan daerah lainnya di Indonesia, Rabu (9/12/2015) berlangsung aman dan lancar. Tidak ada aksi anarkis yang mengganggu jalannya pemungutan suara.

Meski demikian hampir di setiap TPS terjadi antrian panjang akibat banyak pemilih yang tidak mendapat undangan sehingga harus menggunakan KTP. Selain itu angka Golput juga diprediksi masih tinggi.

Pantauan Cahaya Kaimana di beberapa TPS dalam wilayah Kota Kaimana, Kelurahan Krooy, Kampung Trikora dan Kampung Coa menyebutkan, proses pemungutan suara tampak lancar sejak dibukanya TPS pada Pukul 07.00 WIT hingga berakhirnya penghitungan suara.

Dua jam pertama pasca dibuka, suasana TPS tampak biasa-biasa saja. Hanya ada beberapa petugas TPS dan saksi yang menempati kursi yang disediakan. Sementara pemilih yang hendak memberikan hak suara datang satu per satu, langsung menyerahkan undangan, mengambil surat suara dan menuju bilik suara melakukan pencoblosan. Pukul 10.00 WIT, suasana TPS mulai terlihat ramai dan dipadati warga pemilih.

Sepinya suasana TPS pada dua jam pertama pasca dimulainya tahapan pemungutan suara disebabkan jumlah pemilih yang mendapat undangan memilih hanya sedikit dibanding pemilih yang tidak mengantongi surat undangan. Mereka datang ke TPS hanya bermodalkan KTP, dengan harapan KPPS memberikan kelonggaran untuk menggunakan hak pilih mengikuti petunjuk KPUD.

Terkait undangan memilih, beberapa Ketua KPPS yang juga Ketua RT mengakui, undangan pemilihan kali ini disiapkan sendiri oleh KPUD dengan posisi nama langsung diketik.

“Kami terima undangan dari KPUD dengan nama pemilih yang sudah diketik. Tugas kami hanya melanjutkan undangan itu kepada pemilih. Kalau ada yang tidak dapat, itu bukan salah kami. Beda dengan pemilihan sebelumnya kami RT yang tulis nama di undangan karena sebagai RT kami hafal nama warga,” jelas RT. |ISABELA WISANG

Tinggalkan Balasan