Ilustrasi Pilkada

PILKADA MANOKWARI: 18 SKPD Sudah Pangkas Anggaran

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com- Setidaknya 18 SKPD dari sekitar 30-an SKPD di lingkup Pemkab Manokwari telah melakukan pemotongan anggaran demi menutupi kekurangan dana Pilkada. Seperti Sebelumnya, semua SKPD diharuskan memangkas anggaran sebesar 7,32 persen dari total pagu anggaran yang diterima pada tahun anggaran 2015.

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Manokwari F.M. Lalenoh, pemotongan itu telah dilaporkan oleh masing-masing SKPD kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

“Kemarin (Rabu ) saya terima laporan dari Sekretaris Bappeda bahwa yang sudah terhimpun adalah kurang lebih 18 SKPD sedangkan yang lain masih dalam proses perhitungan dan memberikan,” ungkap Lalenoh kepada Cahaya Papua di ruang kerjanya, Kamis (7/5).

Anggaran Pilkada yang disepakati Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sebesar 30 miliar. Ini merupakan hasil rasionalisasi TAPD dari total estimasi dana Pilkada yang diajukan KPUD dan Panwaslu Manokwari serta pihak keamanan dari Polres dan Kodim 1703 Manokwari juga Badan Kesbangpol dan Linmas.

Pemkab Manokwari sendiri dalam APBD 2015 telah mengalokasikan 11,5 miliar. Kekurangan sebesar 18,5 miliar itu lah yang ditutupi dengan cara patungan oleh semua SKPD. Awalnya sesuai instruksi bupati, batas akhir pelaporan pemangkasan dana SKPD paling lambat pada 1 Mei lalu.

Namun belakangan deadline waktu tersebut dikoreksi Sabtu, 9 Mei lusa. Sekda menyatakan optimis semua SKPD akan melakukan apa yang sudah menjadi instruksi kepala daerah tersebut guna menambal kekurangan dana Pilkada.

“(dari 18 SKPD) Sudah terkumpul sekitar 62 persen dari kekurangan 18,5 miliar,” pungkas Lalenoh. |ZACK TONU BALA

Tinggalkan Balasan