Wakil Bupati Manokwari Robert Hammar (kanan). | Dokumentasi CAHAYAPAPUA.com

Pilkada Manokwari Berpeluang Tahun 2015 ?

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— Keinginan Bupati Manokwari Bastian Salabai agar Pilkada Kabupaten Manokwari dimajukan pada 2015 ternyata sudah disampaikan ke Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Meskipun belum memberi keputusan, Mendagri berjanji akan mempertimbangkan usulan tersebut. Wakil Bupati Roberth KR. Hammar mengaku menyampaikan perihal Pilkada Manokwari tersebut langsung ke Mendagri dalam acara pertemuan para Bupati dan Wali Kota se Sulawesi dan Papua dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Bogor, beberapa hari lalu.

“Mendagri mengatakan itu jadi salah satu pertimbangan utama karena Papua ada Otsus. Dari jawaban Mendagri itu, saya rasa tetap ada peluang untuk Pilkada Manokwari di 2015,” kata Wakil Bupati Roberth KR. Hammar di Manokwari, Sabtu (31/1/2015).

Hammar sendiri merasa yakin peluang Pilkada Kabupaten Manokwari disatukan dengan Pilkada tahun 2015 masih terbuka. Sebab, pelaksanaan Pilkada serentak tahun ini yang rencananya dilakukan pada bulan Desember hanya berselang satu bulan lebih dari masa akhir jabatan Bupati dan Wakil Bupati yang jatuh pada 16 Pebruari 2016.

“Saya sampaikan pada forum itu, seyogjanya Pilkada Kabupaten Manokwari di Desember saja bersamaan di 2015 karena jatuhnya pelantikan juga di 2016. Jadi kenapa kita harus tunggu sampai 2018,” lanjut orang nomor dua Manokwari itu.

Melihat peluang itu, Hammar berharap Bupati bersama dengan Ketua DPRD juga dengan KPU Manokwari secepatnya menemui langsung Mendagri di Jakarta untuk mempertegas kembali usulan tersebut.

“Menurut saya masih bisa di 2015 kalau pertimbangan yang saya sampaikan itu diterima. Makanya saya berharap sebaiknya Bupati dan Ketua DPRD secepatnya bisa menemui Mendagri, mumpung sekarang ini (UU Pilkada) masih pembahasan di DPR,” pungkas Hammar. |ZACK TONU BALA