pilkada-serentak-2015.

PILKADA MANOKWARI : KPU Akui Telat Umumkan DPS

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- Komisi Pemilihan Umum Manokwari mengakui terlambat mengumumkan Daftar Pemilih Sementara Pilkada Manokwari, yang seharusnya telah diumumkan sejak 10 hingga 19 September lalu.

Komisioner KPU Manokwari Divisi Program dan Data, Teddy Patikaihatu mengatakan, KPU Manokwari melakukan pembaruan data pemilih Pilkada Manokwari mengacu pada data Pilpres 2014 dan data pemilih yang dilakukan KPU secara berjenjang (bersumber dari Daftar Penduduk Potensi Pemilih).

Keterlambatan ungkap Teddy, disebabkan rendahnya kualitas data pemilih, seperti temuan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga ganda, termasuk sejumlah calon pemilih yang tak memiliki NIK, yang berasal dari PPD.

“(Karena temuan-temuan itu) kami harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk mencari nama-nama yang tidak memiliki NIK dan nomor KK yang telah masuk di dalam DPS,” kata Teddy Minggu kemarin.

Pengumuman DPS sesuai jadwal harus dilakukan sejak tanggal 10-19 September. Selanjutnya dilakukan perbaikan pada 20-25 September. Menurut Teddy hingga saat ini KPU Manokwari masih mengumumkan DPS, yang dirangkai dengan perbaikan.

Adapun penetapan DPS di tingkat PPS tanggal 26-28 September serta rekap di tingkat distrik dilakukan tanggal 29-30. Seluruh proses tersebut akan direkap di tingkat KPU tanggal 1-2 Oktober mendatang. KPU menurut Teddy masih membuka ruang kepada warga yang tidak terdaftar untuk melapor ke PPD atau KPU sebelum 2 Oktober. |RASYID FATAHUDDIN