Pilkada Serentak

PILKADA MANOKWARI: Lelang Logistik Pekan Depan

MANOKWARI, CAHAYA PAPUA.com—–Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Manokwari menyatakan pelelangan logistik Pilkada Manokwari kemungkinan besar akan dilakukan pada 4 – 5 hari kedepan. Pelelangan akan dilakukan melalui LPSE, yang tidak berbiaya besar akan dilakukan melalui penunjukan langsung.
Sekretaris KPU Kabupaten Manokwari Rustam Effendi, Kamis (6/8/2015), mengatakan, logistik yang akan melalui pelelangan LPSE seperti alat peraga, kotak dan bilik suara, juga formulir dan surat suara.
Sementara penunjukan langsung akan dilakukan pada logistik seperti tinta, termasuk kelengkapan TPS berupa papan pengumuman TPS dan kelengkapan lain yang berbiaya dibawah 500 juta.
Rustam mengatakan, kategori alat peraga yang akan dilelang seperti pamflet, leaflet, brosur (paket 1) baliho, spanduk dan umbul-umbul (paket 2).
Untuk paket satu, jumlah alat peraga mengacu pada jumlah seluruh Kepala Keluarga yang mendiami Kabupaten Manokwari, dikalikan jumlah pasangan calon. Ia memprediksi tiap pasangan calon akan mendapat sekitar 45 – 46 ribu masing-masing alat peraga.
Sementara jumlah alat peraga paket 2 untuk tiap pasangan calon berbeda-beda. Spanduk (1X5 meter) akan disediakan 2 buah per PPS untuk tiap pasangan calon, umbul-umbul (15,5X5) 20 buah per kecamatan/distrik per pasangan, sementara baliho (3X5) 5 buah per pasangan.
“Seluruh alat peraga tersebut desainnya disiapkan oleh tiap pasangan calon. Kata apa yang ada didalam itu urusan masing-masing pasangan calon, mereka juga yang sebar. Kami hanya terima dan cetak,” kata Rustam menjelaskan.
Rustam melanjutkan, untuk logistik lain seperti kotak suara dan bilik suara, juga akan dilelang. Kotak dan bilik suara harus terbuat dari karton laminating atau dilapisi lilin sehingga tidak mudah rusak.
Rustam menegaskan bahwa logistik yang dilelang dilakukan secara terbuka bagi perusahaan yang terdaftar di LPSE sehingga KPU tidak berurusan dengan pihak ketiga.
Sementara itu ia melanjutkan, logistik yang kemungkinan besar dilakukan penunjukan langsung ialah tinta. Ini karena jumlah tinta yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Biaya pembuatan TPS, juga akan disalurkan langsung ke PPS. |MUHAMMAD RIZALDY