GAMBAR: ILUSTRASI PILKADA

PILKADA MANOKWARI: Panwaslu Belum Rekrut Pengawas Distrik dan PPL

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com—– Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Manokwari belum bisa merekrut anggota pengawas tingkat distrik serta Panitia Pengawas Lapangan (PPL). Pasalnya, Panwaslu belum memperoleh kepastian dari pemerintah kabupaten Manokwari terkait anggaran.

Ketua Panwaslu Manokwari, Nikodemus Rawar mengatakan, pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Manokwari tahun ini, Panwaslu membutuhkan sebanyak 173 orang PPL.  Mereka akan ditempatkan di seluruh kampung dan kelurahan di kabupaten ini.

“Ada 400 TPS yang tersebar di kabupaten Manokwari. Selain PPL, kami juga akan merekrut pengawas yang ditempatkan ditiap TPS. Paling tidak, tenaga pengawas yang dibutuhkan mencapai 600 orang,” katanya.

Semestinya lanjut Nikodemus,  pengawas tingkat distrik dan PPL harus segera  bekerja melakukan pengawasan tahapan pilkada. Agenda terdekat saat ini,  pencalonan kepala daerah dan wakil kepala daerah dari jalur perseorangan.

“Ini harus diawasi secara ketat, karena menyangkut syarat dukungan yang menggunakan KTP. Kita tidak bisa merekrut tenaga pengawas kalau belum ada angaran,” ujarnya.

Nikodemus menambahkan sesuai aturan, waktu kerja bagi Panwaslu tingkat distrik adalah, enam bulan, sementara PPL bekerja selama satu bulan. Ia minta Pemda  segera merealisasikan anggaran, agar agenda Panwaslu segera berjalan.

Informasi yang diperoleh Cahaya Papua, proses pencalonan pasangan kandidat jalur perseorangan semestinya diumumkan KPU sejak 24 Mei hingga 6 Juni mendatang. Namun, KPU Kabupaten Manokwari baru mengumumkan tahapan ini Rabu (28/5/2015)| M. RAZID FATAHUDIN