Ketua Komisi A DPRD Manokwari Ayu Humairah usai mengikuti sidang pembahasan RAPBD Manokwari tahun 2015 baru-baru ini. | CAHAYAPAPUA.com | Toyiban

Pilkada Manokwari, Pemda Siapkan 11,5 Miliar

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— Ketua Komisi A DPRD Manokwari Ayu H. Bataray mengatakan, Pemkab Manokwari sudah melakukan persiapan anggaran untuk penyelenggaraan Pilkada Manokwari yang telah dipastikan digelar Desember tahun ini. Dana untuk biaya Pilkada sudah masuk dalam APBD tahun 2015 yang telah disahkan dua pekan silam.

“Anggaran (Pilkada) ada 11,5 miliar yakni 10 miliar untuk pelaksanaan oleh KPUD dan 1,5 miliar untuk Panwaslu dan pengamanan, “ ucap politisi partai Gerindra ini di Bandara Rendani Manokwari setibanya dari Jakarta, Minggu (22/2/2015).

Kabupaten Manokwari dipastikan akan menggelar Pilkada pada Desember 2015 setelah Bupati Manokwari Bastian Salabai dan perwakilan DPRD Manokwari bertemu KPU RI dan Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri di Jakarta.

Bastian Salabai menyambut gembira kepastian Pilkada Kabupaten Manokwari tersebut. Ia membenarkan Pemda telah mempersiapkan anggaran untuk mendukung penyelenggaraan Pilkada serentak tahap pertama itu.

“Sebelumnya sudah ada kesepakatan antara kami di eksekutif dengan DPRD untuk meminta Pilkada dilaksanakan di 2015. Kita sudah ajukan surat ke Mendagri dan KPU RI soal kesiapan pelaksanaan Pilkada di 2015. Kita sudah siapkan 11,5 miliar yang sudah ditetapkan oleh DPRD dalam APBD 2015, “ kata Salabai.

Meski ada kemungkinan membengkak, Bupati optimis dana 11,5 miliar yang sudah disahkan DPRD dalam APBD 2015 cukup untuk membiayai semua kebutuhan Pilkada.

“Saya rasa sudah memadai karena sekarang tidak ada lagi pemilu putaran kedua, siapa yang unggul dia langsung dinyatakan sebagai pemenang jadi saya rasa itu sangat membantu menekan biaya Pilkada, “ timpalnya. |ZACK TONU BALA