pilkada Serentak

PILKADA MANOKWARI: Syarat Dukungan Pasangan Perseorangan Masih Diverifikasi

MANOKWARI, cahayapapua.com –Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat ini masih melakukan verifikasi syarat dukungan tahap kedua pasangan bakal calon perseorangan. 19 Agustus mendatang KPU akan melaksanakan rekapitulasi syarat dukungan pasangan calon ini disetiap distrik di Manokwari.
Ketua KPU Manokwari, Albert Karel Burwos mengatakan, rekapitulasi akhir syarat dukungan akan dilaksanakan 21 Agustus mendatang. Diakui pelaksanaan rekapitulasi syarat dukungan tahap kedua ini molor dari waktu yang sudah dijadwalkan.
Hal itu terjadi lantaran KPU harus mendata kembali syarat dukungan salah satu pasangan calon perseorangan yang belum tertata rapi saat diserahkan. Disisi lain, KPU harus memverifikasi penggunaan Kartu Keluarga (KK) dalam syarat dukungan pasangan tersebut.
“Sistem pengaturan data dari salah satu pasangan perseorangan ini tidak tertata dengan baik,”jelas Burwos, Rabu (12/8/2015)
Pada verifikasi data syarat dukungan tahap ke-2 pasangan calon perseorangan ini KPU berupaya membandingkan nama yang tertera pada BKWK dengan identitas pribadi yang tertera dalam KK.
Terkait persoalan ini, KPU saat ini tengah menunggu hasil koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari.
“Belum ada jawaban dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, kami berharap bisa mendapatkan informasi terkait nama-nama yang tertera dalam BKWK dan identitas yang tertera dalam KK. Kami ini proses berjalan cepat, agar tidak mengganggu tahapan yang lain”imbuhnya
Burwos menambahkan, hari ini KPU akan menyampaikan arahan umum kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Pantarli tentang tata kerja mereka serta terkait penyampaian data dukungan calon perseorangan tahap kedua. Kegiatan itu akan dilaksankan di Sekretariat PPD Distrik Manokwari Barat.
|MUHAMMAD RIZALDY |EDITOR :TOYIBAN