Ilustrasi. Foto: CAHAYAPAPUA.com | Duma Tato Sanda

PILKADA SERENTAK: Manokwari, Mansel dan Pegaf Siaga Satu

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com Kepolisian Resor Manokwari telah menetapkan status siaga satu bagi wilayah Manokwari, Pegunungan Arfak dan Manokwari Selatan yang berlaku sejak Senin 7 Desember 2015 menjelang Pilkada Rabu 9 Desember besok.

Kapolres Manokwari AKBP Johnny Edizzon Isir, menyatakan, status siaga 1 tersebut berlaku atas perintah Markas Besar Kepolisian RI atau Mabes Polri.

“Kami sudah tetapkan mulai siaga 1 hari ini (kemarin),” kata Kapolres Manokwari di halaman kantor KPU Manokwari, Senin (7/12). “Siaga 1 akan berlangsung hingga ada perintah pencabutan dari Mabes Polri.”

Dalam Pilkada Manokwari Kepolisian Resor Manokwari menerjunkan 1.130 pasukan untuk mengamankan Pilkada di tiga kabupaten tersebut.

Dari pasukan tersebut, 699 diantaranya ditempatkan di Tempat Pemungutan Suara, 66 personil sebagai perwira pengendali, 96 personil operasi, 124 personil tindak, 102 Pam Mako, 15 personil Dalmas, 28 personil lain.

Selain itu, ia menerangkan, aparat TNI termasuk Badan Intelejen Daerah juga diterjunkan untuk ikut menciptakan keamanan menuju pelaksanaan Pilkada.

Kepolisian menurut Johnny, juga telah melakukan pemetaan daerah rawan konflik pada tiga kabupaten tersebut mengacu pada 8 indikator meliputi kesiapan penyelenggaran Pilkada, sejarah konflik, potensi konflik pasangan calon, keberadaan pengurus parpol ganda, karakteriatik maayarakat, tingkat kerawanan ganguan kamtibmas, sengketa batas wilayah, dan calon incumbent.

“Dari tiga kabupaten yang berada di wilayah Hukum Polres Manokwari, Kabupaten Manokwari merupakan kabupaten yang mempunyai peringkat pertama daerah rawan konflik disusul Kabupaten Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak,” jelas kapolres. |ADITH SETYAWAN

Tinggalkan Balasan