Tim PDIP dan simpatisan saat menghantar berkas pendaftaran bacabup Matias Mairuma di sekretariat Partai Golkar

PILKADA SERENTAK: PDIP Daftarkan Matias Mairuma ke Golkar

KAIMANA,CAHAYAPAPUA.com—– Pengurus dan simpatisan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Kaimana mendatangi Sekretariat Partai Golkar Kaimana, mendaftarkan Ketua DPC PDIP Matias Mairuma sebagai bakal calon bupati Kaimana dari Partai Golkar. Jumat (12/6/2015) siang, dengan menggunakan sejumlah kendaraan roda dua dan roda empat, pendukung yang merupakan perwakilan dari suku asli maupun nusantara di Kaimana menyerahkan kembali berkas pendaftaran yang diambil sehari sebelumnya kepada partai golkar.
Pengembalian berkas menandakan keseriusan PDIP mendaftarkan Matias Mairuma sebagai bakal calon bupati dari Partai Golkar. Berkas dimaksud diletakkan diatas mangkuk adat, kemudian diserahkan oleh Robert Waita, yang merupakan Ketua Tim Pemenangan Matias Mairuma kepada Partai Golkar yang diterima anggota tim seleksi Edy Aninam. Berkas dimaksud, selanjutnya dihantar ke ruangan verifikasi dan diterima anggota tim verifikasi, Benny Pattinama.
Untuk diketahui, Ketua DPC PDIP Kaimana, Matias Mairuma telah mendapat rekomendasi DPP PDIP untuk bertarung sebagai bakal calon bupati periode 2015-2020 pada Pemilukada Desember 2015. Rekomendasi dikeluarkan berdasarkan hasil feet and proper tes bakal calon bupati yang dilaksanakan PDIP di Jayapura. Dari Kabupaten Kaimana saat itu, diikuti dua bakal calon yakni Matias Mairuma dan Hasan Achmad. Namun hingga tahapan verifikasi di tingkat pusat, hanya Matias Mairuma yang dipanggil DPP PDIP untuk menjalani tes wawancara, guna penerbitan rekomendasi.
Dengan adanya rekomendasi DPP PDIP, maka jalan menuju arena percaturan politik yang akan dilalui Matias Mairuma terbuka lebar. Secara aturan, PDIP memang tidak bisa mengusulkan calon sendiri karena jumlah kursinya di DPRD Kaimana tidak mencukupi atau hanya 3 kursi. Namun dua partai, PKB dan Hanura, telah memberikan lampu hijau untuk berkoalisi dengan PDIP. Sehingga saat ini, PDIP dalam hal ini Matias Mairuma, tinggal menunggu rekomendasi tertulis dari DPP PKB dan Hanura. Informasi ter-update yang diterima Cahaya Kaimana dari sumber terpercaya di Jakarta menyebutkan, selain telah mengantongi rekomendasi tertulis DPP PDIP, Matias Mairuma juga mendapat tawaran dari DPP Partai Golkar agar mendaftar menjadi bakal calon bupati dari partai mereka.
Keluarnya rekomendasi DPP PDIP untuk Matias Mairuma, menepis isu negativ yang beredar selama ini, bahwa PDIP akan merekomendasikan figur lain, dalam hal ini Hasan Achmad sebagai bakal calon bupati Kaimana. Isu lain juga menyebutkan, Matias Mairuma bakal tidak mendapat dukungan partai manapun di Kaimana untuk maju pada Pemilukada mendatang. Sejauh ini, hasil survey yang dilakukan salah satu lembaga survey Indonesia menyebutkan Matias Mairuma masih sangat kuat untuk kembali menduduki kursi bupati Kaimana. Lirikan Golkar dan Demokrat juga memperkuat hasil survey bahwa MM memang kuat. Tak hanya itu, PAN Kaimana melalui Sekretaris Partai Stefanus Tamaka, pada tahap pendaftaran balon waktu lalu, juga sempat berharap agar Matias Mairuma ikut mendaftar di partai mereka. |ISABELA WISANG