Nataniel D. Mandacan. | CAHAYAPAPUA.com | Dina Rianti

APBD Papua Barat 2015 Terancam Tak Dibahas DPR PB

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com-Pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah atau RAPBD Provinsi Papua Barat tahun 2015 belum juga dilakukan. Hal ini terkendala akibat lambatnya pelantikan pimpinan DPR Papua Barat.

Sekda Papua Barat Nataniel D. Mandacan mengatakan, Pemprov masih menunggu waktu dikeluarkan surat keputusan (SK) dari Kemendagri dan waktu pelantikan.

Namun toleransi waktu yang diberikan pemprov yakni hingga akhir minggu kedua Desember. “Target kami paling lambat pembahasan APBD dilakukan Minggu ke-3 Desember dan sudah harus disidangkan bersama DPR PB,” tutur Sekda baru-baru ini.

Namun jika SK tersebut tak kunjung diterbitkan, maka Pemprov akan mengajukan langsung draft APBD Papua Barat tahun 2015 ke Mendagri.

“Kami sudah bertemu DPR PB dan sampaikan kami akan langsung ajukan ke Mendagri jika sampai minggu kedua Desember belum ada pelantikan, selanjutnya jika minggu ketiga belum ada sidang, kita akan ajukan ke Mendagri langsung. DPR PB hanya perlu tau saja dan tidak perlu melalui proses sidang di DPRPB,” kata Nataniel.

Nataniel berharap sebelum tanggal 15 Desember sudah ada kepastian dan keputusan SK pelantikan. Jika tidak akan ditempuh melalui peraturan gubernur (Pergub). Ini jika situasi dan kondisi di daerah tidak memungkinkan untuk pembahasan.

“Faktor lain yang dipertimbangkan adalah alat kelengkapan DPR PB yang belum terbentuk. Selain itu anggaran yang diajukan Pemprov juga masih mengacu pada anggaran tahun sebelumnya, sehingga dipastikan Mendagri juga akan memaklumi hal ini,” tegas Nataniel. | DINA RIANTI

EDITOR: BUSTAM

Tinggalkan Balasan