Ilustrasi

PLN Beli Daya Dari Pabrik Semen Maruni

MANOKWARI, Cahayapapua.com—-  PT Perusahaan Listrik Negera (PLN) Cabang Manokwari mengupayakan penambahan daya dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang dikembangakan PT SDIC Papua Cemen Indonesia.

Manajer PT PLN Cabang Manokwari, Mesakh Kyew Kyew mengatakan, sesuai kesepatan awal PLN akan memberoleh sebanyak 12 MW dari PLTU yang dibangun oleh Pabrik Semen di Maruni itu.

“Kami masih mencoba melakukan loby-loby terkait alokasi daya listrik. Kontrak awal memang 12 mega watt tetapi, masih bisa kita tinjau lagi agar ada penambahan,” kata Mesakh, Senin (18/4/2016)

Terkait rencana pembelian daya itu, kata dia, sudah ada kesesuaian harga antara PT SDIC dengan PLN. PT SDIC menjadwalkan, pembelian itu sudah dapat terealisasi pada akhir Juni mendatang.

PLN telah memasang tiang beton penyangga kabel jaringan tinggi itu. Jaringan telah terpasang 60 persen, pahaknya menarget, pemasangan rampung diakhir Mei mendatang.

“Sekarang yang jadi kendala adalah, masyarakat tidak mau pohon-pohon yang produktif ditebang. Padahal itu untuk memudahkan pemasangan jaringan listrik,”tuturnya.

Sesuai jadwal, hari ini kata dia, akan dilakukan pertemuan kembali antara PLN dengan pihak perusahaan. Sebab, sesuai jadwal awal PLTU sudah dapat dioperasikan pada akhir Mei.

“Target awalnya pada akhir Mei tetapi, ada beberapa komponen yang masih tertahan di Bea dan Cukai sehingga, mungkin bulan Juni baru bisa kondisioning,” akunya.

Mesakh menambahkan, suplai listrik ke pelanggan PLN di daerah ini hanya mengandalkan PLTD dengan kapasitas 23 MW. “Sekarang terjadi devisit daya sebesar 3 MW. Sementara beban puncak mencapai 19,5 mega watt,”pungkasnya. (ALF)

Tinggalkan Balasan