Ilustrasi

PLN Siapkan BBM, Pemda Teluk Wondama Bangun Tangki Timbun

WASIOR, Cahayapapua.com— Nota kesepahaman (MoU) antara Pemkab Teluk Wondama dengan PT.PLN Persero terkait pengelolaan listrik direncanakan akan ditandatangani kedua belah pihak pada pekan depan.

Sesuai MoU itu, nantinya PLN akan bertindak selaku operator utama sekaligus menyediakan BBM untuk generator pembangkit yang merupakan milik Pemkab Wondama.

“Kami hanya mengawasi pemanfaatan mesin kami. Dan dari pemanfaatan itu pasti ada keuntungan untuk PAD, “ ujar Wakil Bupati Paulus Y. Indubri, Kamis siang di ruang kerjanya.

Siang kemarin, Paul bertolak ke Manokwari untuk selanjutnya ke Jayapura untuk melakukan penandatangan MoU mewakili Bupati Bernadus Imburi. “Rencananya (penandatanganan MoU) pada 21, 22 atau 23 Maret di Jayapura, “katanya.

Menurut Wabup, persoalan  utama yang menyebabkan Wondama masih saja mengalami krisis listrik adalah ketersediaan bahan bakar minyak (BBM). Masalahnya bukan karena pasokannya yang sering terganggu melainkan karena belum tersedia tangki penampung dengan kapasitas besar.

“Dari sisi daya pembangkit kita bisa cukup hingga 10 sampai dengan 15 tahun ke depan. Persoalannya sampai sekarang kita belum punya tangki penimbunan BBM. Itu sebabnya dalam 2016 direncanakan dibangun tangki timbun dengan kapasitas 100-150 ton dari APBD, “ jelas Paul.

Wabup berharap kerjasama dengan PLN bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi krisis listrik yang terus terjadi selama 12 tahun usia Kabupaten Teluk Wondama.

“Kita berharap dalam tahun ini mudah-mudahan listrik di Wondama bisa normal. Ini memang pekerjaan tidak gampang. Tapi kita berupaya agar PLN bisa membantu kami. Karena listrik sangat sangat mendukung berbagai aktivitas di Wondama, “pungkas mantan pejabat Pemprov Papua ini.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perindagkop Antonius Toni Marani mengatakan sudah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan 2 tangki timbun dalam tahun ini.

Toni mengaku pihaknya sangat kewalahan karena harus juga menangani urusan listrik yang sejatinya bukan merupakan Tupoksi Perindagkop.

Dia optimis kerjasama dengan PLN menjadi jalan terbaik untuk bisa membuat kota Wasior dan juga wilayah lain di Wondama bisa menikmati listrik 24 jam secara konsisten. |ZACK TONU BALA

Tinggalkan Balasan