Gedung DPR Papua Barat

Pokok-pokok Pikiran DPRPB yang Disampaikan pada Musrembang

MANOKWARI, Cahayapapua.com–– DPR Papua Barat menitipan sejumlah pokok pikiran pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkatProvinsi yang dilaksanakan di Kabupaten Sorong Selatan, Kamis (14/4/2016).

Pokok pikiran wakil rakyat itu meliputi, pengembangan sumber daya manusia, pembangunan di bidang kesejahteraan rakyat dalam skop yang luas, percepatan pembangunan sumber daya alam dan kelestarian lingkungan.

“Pengembangan SDM menjadi penting sekali. Kita harapkan ini mendapat perhatian dari pemerintah daerah. Termasuk, percepatan peningkatan kualitas pengelolaan keuangan daerah,” kata ketua DPRPB, Pieters Kondjol, kemarin.

Menurutnya, estimasi pendapatan daerah pada tahun 2017 kedepan akan berkurang sebesar 88 persen. Ini diakibatkan oleh pengurangan penerimanaan dana bagi hasil (DBH).

“Karena terjadi penurunan sehingga estimiasi pendapatan kita pada 2016 senilai Rp.5,5 triliun atau terjadi pengurangan sekira 600 miliar rupiah,” ujaranya.

Menurut Pieters, penurunan pendapatan tersebut memaksa pemerintah dan DPRPB harus melakukan penyesuaian kegiatan di tahun anggaran 2017, termasuk meningkatkan daya saing daerah.

“Ada isu-isu strategis yang bersentuhan dengan kemiskinan, pengangguran, percepatan pembangunan infrastruktur darat, laut, dab udara,” tuturnya. (ALF)

Tinggalkan Balasan