Ilustrasi, Pengeboman ikan

Polda Papua Barat akan Bentuk Tim Khusus untuk Tekan Penggunaan Bom Ikan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Terkait marak pengeboman ikan yang terjadi diperairan Papua Barat akhir-akhir ini, Polda Papua Barat akan segera mengambil langkah pencegahan. Polda Papua Barat akan mengandeng instasi terkait untuk menyikapi masalah tersebut.

Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Royke Lumowa kepada wartawan baru-baru ini mengatakan, akan dibentuk tim yang akan bekerja maksimal untuk menghentikan pengeboman ikan yang masih sering digunakan para nelayan.

Menurutnya lokasi yang paling sering dijadikan tempat pengeboman ikan di perairan Papua Barat terletak di Kabupaten Raja Ampat. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi karang yang berada di dasar laut tersebut.

“Di kedalaman lima meter saja sudah terlihat banyak karang yang rusak akibat bom ikan. Ini dilakukan oknum yang tidak bertanggungjawab,” tegasnya.

Untuk itu dirinya akan membentuk tim khusus yang akan menangani permasalahan tersebut. Tim tersebut selain pemerintah daerah dan Polda Papua Barat, juga akan digandeng pihak TNI Angkatan Laut.

Selain Raja Ampat, beberapa titik perairan di Kabupaten Manokwari kerap menjadi sasaran empuk oknum-oknum tak bertanggungjawab. Sesuai pantuan Cahaya Papua, beberapa titik di Pulau Lemon dan Pulau Mansinam juga kerap silakukan pengeboman ikan. |ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM