Kapolda Papua Irjen Polisi Yotje Mende. Foto: CAHAYAPAPUA.com | Dina Rianti

Polda Papua Pecat Polisi Pengedar Amunisi

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Peredaran senjata api (senpi) dan amunisi yang marak terjadi di wilayah hukum Polda Papua saat ini masih terus diusut secara hukum.

Kepolda Papua Yotje Mende mengungkap, saat ini sudah ada beberapa kasus yang sudah diungkap dan sedang ditangani oleh penyidikan Polda Papua.

Kapolda menyatakan telah memecat salah satu anggotanya yang terbukti melakukan perdagangan amunisi di wilayah Papua. Ia juga menegaskan untuk anggota yang terbukti terlibat dalam penyalahgunaan senpi dan amunisi, akan dicopot dari keanggotaannya sebagai polisi.

“Satu anggota saya sudah ada yang kita pecat, dan siapapun yang terbukti melakukan perdagangan senpi dan amunisi secara illegal akan kami pecat,” katanya di kantor bupati lama Manokwari, kemarin.

Ia mengakui, adanya anggota polisi yang terlibat dalam jual beli senpi dan amunisi ini karena kurangnya pengawasan baik itu ditingkat Polsek maupun Polres sehingga dengan mudah dimanfaatkan oleh oknum polisi.

Untuk mengantisipasi hal ini kedepan, jelas Mende, ia sudah menurunkan Propam dari setiap Polsek dan Polres untuk mengawasi dan mengecek penggunaan senpi dan amunisi di jajarannya.

“Kalau ada anggota yang menyalahgunakan senpi dan amunisi akan kita tindak,” tegasnya. |DINA RIANTI

 

EDITOR: DUMA TATO SANDA

Tinggalkan Balasan